Pengembangan aplikasi “CPA” (Covid-19 Prevention Application) sebagai upaya literasi mitigasi bencana covid-19 bagi siswa SMP / Alifian Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi “CPA” (Covid-19 Prevention Application) sebagai upaya literasi mitigasi bencana covid-19 bagi siswa SMP / Alifian Nabila

Nabila, Alifian (2021) Pengembangan aplikasi “CPA” (Covid-19 Prevention Application) sebagai upaya literasi mitigasi bencana covid-19 bagi siswa SMP / Alifian Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 saat ini telah menjadi darurat kesehatan bagi masyarakat global. Selama kurun waktu satu tahun Covid-19 berdampak parah hingga mampu menelan jutaan korban jiwa di seluruh dunia. Menyikapi hal tersebut Pemerintah Indonesia membuat kebijakan-kebijakan untuk menyesuaikan kondisi saat pandemi berlangsung salah satunya adalah karantina wilayah yang mengharuskan segala aktivitas dilakukan di rumah. Hal ini juga berpengaruh pada sistem pendidikan yang menerapkan pembelajaran online mengingat persebaran Covid-19 juga terdapat di sekolah. Banyaknya korban akibat Covid-19 di sekolah menandakan kurangnya edukasi tentang Covid-19 mengetahui pandemi ini merupakan hal baru yang membutuhkan penyesuaian untuk menyikapinya. Namun saat ini masih belum ada pengembangan edukasi yang mudah diakses sehingga peneliti tertarik untuk membuat aplikasi sebagai upaya literasi mitigasi bencana Covid-19. Penelitian dan pengembangan ini didasari pada analisis kebutuhan terhadap edukasi Covid-19 yang disesuaikan pada materi pembelajaran IPS. Aplikasi ldquo CPA rdquo bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa pada materi perubahan sosial. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menguji kelayakan ldquo CPA rdquo . Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Develoment (R amp D) mengadaptasi 7 tahapan penelitian dari model Borg amp Gall (2003). Jenis data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala tingkat (rating scale) 1 ndash 4 dan rekomendasi amp saran. Proses validasi dilakukan berdasarkan hasil validasi dari ahli materi ahli media dan uji coba praktisi pendidikan dan siswa SMP Negeri 21 Malang kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian ldquo CPA rdquo dapat dijadikan sebagai suplemen pengetahuan bagi siswa dengan hasil validasi dan uji coba respons yang memiliki kriteria ldquo Sangat Layak rdquo . Penerapan pembelajaran menggunakan ldquo CPA rdquo relevan dengan teori belajar konstruktivisme teori kerucut pengalaman Edgar Dale teori belajar sibernetik dan teori belajar behavioristik. Diharapkan untuk penelitian dan pengembangan selanjutnya adalah memberikan fitur audio dan video agar dapat menambah pengalaman belajar siswa yang kemudian didesiminasikan melalui platform PlayStore. Penelitian selanjutnya diharapkan melakukan uji coba skala luas dengan menganalisis tingkat keefektivitasan penggunaan dan dapat mengambil subjek uji coba yang berbeda agar menambah kebermanfaatan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196837

Actions (login required)

View Item View Item