Pengembangan media pembelajaran IPS interaktif berbasis adobe flash materi pasar kelas VII di SMP N 21 Malang / Iza Nur Imama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPS interaktif berbasis adobe flash materi pasar kelas VII di SMP N 21 Malang / Iza Nur Imama

Imama, Iza Nur (2021) Pengembangan media pembelajaran IPS interaktif berbasis adobe flash materi pasar kelas VII di SMP N 21 Malang / Iza Nur Imama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media Pembelajaran IPS Interaktif berbasis Adobe Flash adalah suatu media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS kelas VII yakni materi Pasar. Penelitian ini memfokuskan pengembangan media pada materi IPS kelas VII KD 3.3 Memahami konsep interaksi antar manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi distribusi konsumsi permintaan dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi sosial dan budaya Indonesia. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dibuat menggunakan Adobe Flash. Dalam media pembelajaran ini dipadukan materi soal gambar video audio dan animasi interaktif yang menarik mengenai materi Pasar kelas VII sehingga dapat menjadikan pembelajaran IPS menjadi lebih menarik lebih mudah dan lebih konkret. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan dari Borg amp Gall yang memiliki 10 tahapan dan kemudian dimodifikasi menjadi 7 tahapan saja. Tahapannya yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan desain/draf produk (4) uji coba lapangan terbatas (5) revisi hasil uji terbatas (6) uji coba lapangan lebih luas (7) revisi hasil uji coba lapangan yang dilakukan secara lebih luas. Media pembelajaran ini diuji cobakan kepada 10 peserta didik kelas VII-2 dan 25 peserta didik kelas VII-1 di SMP Negeri 21 Malang. Model pengembangan dimodifikasi karena (1) uji coba pelaksanaan lapangan tidak dilakukan dengan asumsi produk pengembangan yang dihasilkan sudah cukup dan final (2) produk akhir tidak akan direvisi lagi karena sudah dianggap valid untuk diterapkan pada saat pembelajaran (3) desiminasi tidak dilakukan karena produk akhir tidak akan didesiminasikan kepada umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan yang diperoleh oleh media pembelajaran IPS interaktif berbasis Adobe Flash berdasarkan penilaian (1) Ahli media pertama diperoleh persentase skor 85% (2) ahli media kedua diperoleh persentase skor 83% (3) ahli materi pertama diperoleh persentase skor 92% (4) ahli materi kedua diperoleh persentase skor 85% semua dikategorikan ldquo sangat layak rdquo dan (5) Peserta didik memberikan respons umum bahwa media pembelajaran IPS Interaktif berbasis Adobe Flash menarik mudah dipahami praktis dan membantu pembelajaran mandiri. Saran penelitian dan pengembangan lebih lanjut (1) mengembangkan penggunaan Software Adobe Flash CS6 tidak terbatas pada Script 3.0 (2) mengembangkan media pembelajaran ini pada versi android agar lebih mudah diakses dan lebih praktis (3) produk media pembelajaran ini dapat diuji tingkat keefektifan medianya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196819

Actions (login required)

View Item View Item