Penggunaan media sosial instagram sebagai media menunjukkan eksistensi diri dan dampaknya terhadap perilaku sosial mahasiswa universitas negeri malang / Nur Ilma Rida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media sosial instagram sebagai media menunjukkan eksistensi diri dan dampaknya terhadap perilaku sosial mahasiswa universitas negeri malang / Nur Ilma Rida

Rida, Nur Ilma Rida (2021) Penggunaan media sosial instagram sebagai media menunjukkan eksistensi diri dan dampaknya terhadap perilaku sosial mahasiswa universitas negeri malang / Nur Ilma Rida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rida N. I. 2021. Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Eksistensi Diri dan Dampaknya Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Khofifatu Rohmah Adi S.Pd M.Pd (II) Idris S.S. M.M Kata Kunci Instagram Eksistensi Diri Dampak Instagram Media sosial merupakan sebuah media online yang penggunanya dapat berinteraksi melalui dunia maya. Terdapat beberapa media sosial yang dapat diakses yaitu Instagram facebook twitter whatsapp dan lain sebagainya. Saat ini media sosial yang banyak digemari oleh remaja adalah Instagram. Kebiasaan mengakses Instagram dapat membentuk budaya baru yaitu membagikan segala kegiatanya melalui foto dan video. Mahasiswa yang aktif di Instagram akan dianggap eksis di dunia maya. Penggunaan Instagram yang berlebihan juga dapat memberikan dampak negatif dan positif bagi penggunanya. Berdasarkan pemaparan diatas tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui motivasi mahasiswa UM membuat konten di Instagram. 2) Untuk menganalisis Instagram sebagai media menunjukkan eksistensi diri mahasiswa UM. 3) Untuk menganalisis dampak penggunaan Instagram bagi perilaku sosial mahasiswa UM. Penelitian ini difokuskan pada individu yang aktif menggunakan dan membagikan konten di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Informan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari informan kunci dan pendukung. Model interaktif Miles dan Huberman sebagai teknik analisis dari penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari tahap pra lapangan lapangan dan analisis data. Hasil penelitian menemukan bahwa mahasiswa menggunakan Instagram dikarenakan untuk bersenang-senang salah satunya untuk ajang pamer. Eksistensi mahasiswa lebih banyak ditunjukkan melalui Instagram dengan membagikan kegiatan mereka serta aktif memberikan respon pada postingan mahasiswa lainya. Mahasiswa merasa jika segala kebahagiaan yang sedang dirasakan harus disaksikan oleh publik. Melalui postingan yang dianggap bagus akan menimbulkan respon baik dari khalayak oleh karena itu mahasiswa merasa lebih percaya diri di Instagram atau dunia maya dibandingkan dengan dunia nyata. Perkembangan media sosial saat ini banyak bermunculan filter dan fitur menarik yang dapat dinikmati mahasiswa tanpa batas. Mahasiswa akan memperindah foto mereka yang akan dibagikan ke Instagram melalui beauty filter camera. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mempercantik foto sebelumnya untuk mendapatkan pujian. Terlalu berlebihan berselancar di dunia maya mengakibatkan adanya perubahan perilaku sosial pada mahasiswa perilaku itu baik mengarah positif maupun negatif. Berdasarkan temuan penelitian diatas peneliti menyarankan penggunaan media sosial kepada siswa SMP sebagai media pembelajaran yang inovatif agar Instagram menjadi tepat guna bagi setiap kalangan umur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196817

Actions (login required)

View Item View Item