Tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Mohamad Agus Sanjayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Mohamad Agus Sanjayah

Sanjayah, Mohamad Agus (2021) Tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang / Mohamad Agus Sanjayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran pariwisata salah satunya memanfaatkan sumber daya sebagai daya tarik wisata yang dapat dikembangkan oleh setiap daerah yang memiliki daya dukung dan sumber daya alam yang potensial. Kabupaten Malang memiliki kepariwisataan yang cukup potensial dan beragam. Selain banyaknya objek wisata dan lokasi wisata yang mudah dijangkau terdapat sarana dan prasarana yang menjadi faktor penting dalam menunjang daya tarik wisata. Adapun tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi sarana dan prasarana pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Menganalisis tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data yang diperoleh dari sumber primer berupa sarana dan prasarana pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Sarana pariwisata dibagi menjadi tiga yakni sarana pokok pelengkap dan penunjang. Sarana pokok meliputi biro perjalanan 1 unit angkutan wisata 18 unit hotel atau penginapan 66 unit restoran 6 unit warung 177 unit caf eacute 21 unit cafeteria 10 unit. Sarana pelengkap meliputi tempat olahraga 2 unit taman bermain 17 unit kolam renang 4 unit. Sarana penunjang meliputi toko cinderamata 88 unit panti pijat 1 unit dan karaoke 1 unit. Prasarana pariwisata dibagi menjadi dua yaitu prasarana umum dan prasarana kebutuhan masyarakat. Prasarana umum meliputi jaringan jalan penyediaan air bersih jaringan listrik jaringan komunikasi yang sudah tersedia di setiap desa toilet 153 unit mushola 29 unit masjid 26 unit gereja 1 unit pure 1 unit rest area 7 unit. Prasarana kebutuhan masyarakat meliputi polindes 3 unit puskesmas 1 unit klinik 2 unit rumah sakit 1 unit apotek 4 unit Kantor Pos 1 unit Bank 5 unit ATM 5 unit dan SPBU 1 unit. Teknik pengambilan data ini yaitu observasi dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis menggunakan skala guttman dan skalogram Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang didominasi oleh warung hotel/penginapan toko cinderamata toilet masjid dan mushola.Sarana dan Prasarana tersebut tersebar di Desa Bendosari Sukomulyo Pujon Kidul Pandesari Ngroto Ngabab Madiredo dan Pujon Lor. Sedangkan tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang tersedia dengan Desa Pandesari dan Pujon Lor termasuk kategori memadai. Desa Bendosari Sukomulyo Pujon Kidul Ngabab dan Ngroto termasuk kategori cukup memadai dan Desa Madiredo kategori kurang memadai Penelitian ini hanya terbatas pada identifikasi dan evaluasi tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pariwisata. Toko minimarket dan swalayan belum masuk dalam identifikasi. Hasil dari penelitian memberikan rekomendasi penelitian lanjutan dengan topik perencanaan dan pengembangan pariwisata di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196816

Actions (login required)

View Item View Item