Melampaui multikulturalisme: meneroka paras diversitas pengalaman artistik, pengalaman estetis, dan estetika sastra - Repositori Universitas Negeri Malang

Melampaui multikulturalisme: meneroka paras diversitas pengalaman artistik, pengalaman estetis, dan estetika sastra

Saryono, Djoko (2019) Melampaui multikulturalisme: meneroka paras diversitas pengalaman artistik, pengalaman estetis, dan estetika sastra. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) 3 (2), 2019.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tulisan ini dimaksudkan sebagai pemantik perbincangan tentang sesudah multikulturalisme dan (mono) disiplinarisme dengan mengambil fokus estetika sastra yang betapa luas spektrum tema, bermacam-macam isi, dan beraneka penghampirannya sebagai realitas budaya dalam perspektif holistik. Dalam perspektif holistik budaya, estetika sastra dapat diperlakukan sebagai realitas simbolis (mentifact), realitas sosial (sociofact), dan material (artefact) karena secara holistik budaya mencakupi lapis simbolis, sosial, dan material. Sebagai realitas simbolis, sosial, dan atau material, sudah tentu estetika sastra memantulkan paras diversitas budaya. Untuk itu, dalam tulisan ini dicoba dipaparkan ihwal sosok diversitas budaya, lensa pandang diversitas budaya, dan paras diversitas estetika sastra. Dengan demikian, paras keanekaragaman estetika sastra tampak tautan dan jaringannya, yang kemudian membentuk suatu taman estetika sastra yang multikultural, interkultural, bahkan transkultural.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Laporan Karya Ilmiah FS
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2019 06
Last Modified: 14 Jun 2023 06:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196744

Actions (login required)

View Item View Item