Bentuk Resistensi Terbuka Kaum Tani dan Buruh dalam Cerpen-Cerpen Sastrawan Lekra di Koran Harian Rakjat - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk Resistensi Terbuka Kaum Tani dan Buruh dalam Cerpen-Cerpen Sastrawan Lekra di Koran Harian Rakjat

Zulfikar, Moh. Fikri and Saryono, Djoko and Syahri, Moch. (2021) Bentuk Resistensi Terbuka Kaum Tani dan Buruh dalam Cerpen-Cerpen Sastrawan Lekra di Koran Harian Rakjat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 6 (9), 1384-1399, 2021.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cerpen-cerpen yang diproduksi sastrawan Lekra memiliki kekhasan dalam mengungkap realita di masyarakat tahun 1950—1965. Salah satu kekhasan terletak pada muatan resistensi di dalam karyanya yang direpresentasikan dalam lakuan tokoh dan dapat mendorong pembaca untuk ikut tergerak dalam aksi resistensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan struktural. Data penelitian mengacu pada sekelompok informasi dari pembacaan teks. Sumber data penelitian ini adalah cerpen-cerpen sastrawan Lekra yang dimuat koran Harian Rakjat terbitan tahun 1950—1965. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik baca, catat, dan studi dokumen. Pendekatan yang digunakan dalam upaya pemahaman resistensi dalam cerpen dilakukan dengan hermeneutika fenomenologi Paul Ricoeur.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Laporan Karya Ilmiah FS
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2021 06
Last Modified: 23 Mar 2022 04:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196730

Actions (login required)

View Item View Item