Diksi kasih sayang dalam buku Kumpulan Fabel Aku Sayang Keluargaku karya Wulan Mulya Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Diksi kasih sayang dalam buku Kumpulan Fabel Aku Sayang Keluargaku karya Wulan Mulya Pratiwi

Riska Cania, Dewi and Saryono, Djoko (2021) Diksi kasih sayang dalam buku Kumpulan Fabel Aku Sayang Keluargaku karya Wulan Mulya Pratiwi. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 1 (10), 1395-1404, 2021.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diksi mengacu pada pengertian penggunaan kata-kata tertentu yang sengaja dipilih oleh penulis guna dapat menyampaikan maksud yang ingin dituju. Pemilihan kata-kata yang dipertimbangkan dalam memperoleh efek ketepatan makna dan estetika penggunaan kata. Kajian stilistika merupakan salah satu bidang linguistik dan sastra yang memfokuskan pada estetika sebuah bahasa dalam karya sastra. Tujuan dari penelitian ini yakni dipaparkannya diksi bersikap lembut kepada orang lain, diksi memberi perhatian kepada orang lain, dan diksi memberi nasihat kepada orang lain yang terdapat dalam buku kumpulan fabel Aku Sayang Keluargaku Karya Wulan Mulya Pratiwi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara peneliti membaca keseluruhan sumber data, mencatat data, dan mengklasifikasi data. Hasil penelitian terdapat tiga fokus, diksi bersikap lembut kepada orang lain, diksi memberi perhatian kepada orang lain, dan diksi memberi nasihat kepada orang lain. Aspek fokus pada penelitian ini meliputi, (a) kata konkret, (b) kata khusus, (c) kata abstrak, (d) kata denotatif, dan (e) kata khas nama diri atau kata sapaan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Laporan Karya Ilmiah FS
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2021 06
Last Modified: 21 Jun 2023 01:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196721

Actions (login required)

View Item View Item