Konsep diri narapidana remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas 1 Kutoarjo Provinsi Jawa Tengah / Yusanti Zahro Aisiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Konsep diri narapidana remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas 1 Kutoarjo Provinsi Jawa Tengah / Yusanti Zahro Aisiyah

Aisiyah, Yusanti Zahro (2020) Konsep diri narapidana remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas 1 Kutoarjo Provinsi Jawa Tengah / Yusanti Zahro Aisiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Remaja merupakan masa yang membingungkan dan merupakan masa transisi dari anak ndash anak menuju masa dewasa. Pada masa ini terdapat ciri khas seorang yang membuat remaja rentan melakukan kenakalan yang berujung pada tindakan kriminalitas. Remaja yang melakukan kriminalitas akan mendapatkan konsekuensi hukum dari perilakunya meliputi hukuman penjara. Menyandang status sebagai narapidana bukanlah hal yang mudah karena remaja mungkin saja mengalami trauma. Ketika remaja mengalami traumatik maka konsep diri yang terbentuk cenderung negatif. Padahal konsep diri sangat penting dalam kehidupan individu karena akan mempengaruhi bagaiamana seorang individu bertindak dan bersikap terutama pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri narapidana remaja di LPKA Kelas 1 Kutoarjo dan faktor ndash faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model studi kasus. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang dengan karakteristik berjenis kelamin laki ndash laki atau perempuan berusia antara 12 sampai 19 tahun telah divonis hukum dan sedang menjalani hukuman di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kutoarjo. Analisis data yang digunakan adalah analisi tematik sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dari ketiga subjek terdapat satu subjek dengan konsep diri yang positif dan dua subjek dengan konsep diri negatif. Faktor yang paling dominan mempengaruhi konsep diri subjek adalah orang tua dimana ditemukan bahwa subjek yang memiliki konsep diri positif memiliki hubungan yang harmonis komunikasi yang baik dan mendapatkan kasih sayang dari orang tua. Subjek dengan konsep diri negatif memiliki kondisi yang kebalikannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196672

Actions (login required)

View Item View Item