Pengaruh kepribadian terhadap pembelian impulsif produk kecantikan pada mahasiswi fakultas pendidikan psikologi Universitas Negeri Malang / Dyah Azalia Muqorrobin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepribadian terhadap pembelian impulsif produk kecantikan pada mahasiswi fakultas pendidikan psikologi Universitas Negeri Malang / Dyah Azalia Muqorrobin

Muqorrobin, Dyah Azalia (2021) Pengaruh kepribadian terhadap pembelian impulsif produk kecantikan pada mahasiswi fakultas pendidikan psikologi Universitas Negeri Malang / Dyah Azalia Muqorrobin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelian impulsif adalah suatu pembelian yang dilakukan secara spontan dan secara tiba-tiba tanpa perencanaan sebelumnya dengan mengambil keputusan secara cepat. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam perilaku pembelian impulsif adalah kepribadian. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tipe kepribadian pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang pembelian impulsif pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dan pengaruh kepribadian terhadap pembelian impulsif pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 200 mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Instrumen alat ukur yang digunakan adalah skala big five inventory yang diadaptasi oleh Ramdhani (2012) dan skala impulsive buying yang diadaptasi oleh Florentine (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi dari yang paling banyak sampai paling sedikit yaitu tipe kepribadian agreeableness kemudian diikuti oleh tipe kepribadian extraversion concientiousness openess to experience dan neuroticism. Pembelian impulsif pada mahasiswi Fakultas Pendidikan Psikologi sebagian besar berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 63.5%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara tiga tipe kepribadian yaitu agreeableness conscientiousness dan extraversion terhadap pembelian impulsif produk kecantikan. Sedangkan tipe kepribadian openness to experience dan neuroticism tidak terdapat pengaruh terhadap pembelian impulsif produk kecantikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196585

Actions (login required)

View Item View Item