Hubungan antara self esteem dengan kecenderungan body dysmorphic disorder pada dewasa awal di kota malang / Dina Artika - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self esteem dengan kecenderungan body dysmorphic disorder pada dewasa awal di kota malang / Dina Artika

Artika, Dina Artika (2021) Hubungan antara self esteem dengan kecenderungan body dysmorphic disorder pada dewasa awal di kota malang / Dina Artika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Standarisasi tubuh ideal yang berkembang di masyarakat terutama pada masyarakat perkotaan seperti kota Malang kerap kali dijadikan tolak ukur dalam trend fashion hingga kriteria calon karyawan perusahaan. Keinginan dalam mencapai standarisasi tubuh ideal kerap kali dialami individu dewasa awal tepatnya rentang usia 20 hingga 24 tahun yang dikarenakan pada rentang usia tersebut individu mengalami kekhawatiran yang berlebihan terkait dengan perubahan penampilan. Adanya kekhawatiran yang berlebihan terhadap penampilan hingga membentuk perilaku memeriksa memperbaiki dan menyembunyikan penampilan secara berlebihan dapat memicu berkembangnya kecenderungan body dysmorphic disorder. Salah satu faktor yang dianggap dapat mempengaruhi berkembangnya kecenderungan BDD merupakan tingkat self esteem. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan kecenderungan BDD pada dewasa awal di kota Malang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian merupakan skala hasil adaptasi dari State Self Esteem Scale (SSES) oleh Heatherton amp Polivy (1991) dan skala Body Dysmorphic Disorder Symptom Scale (BDD-SS) oleh Wilhelm dkk (2016). Metode sampling yang digunakan merupakan insidental sampling dengan jumlah sampel 155 dewasa awal berusia 20-24 tahun di kota Malang. Hasil penelitian diperoleh nilai sig (-0 531) maka terdapat korelasi signifikan negatif antara self esteem (performance social dan physical) dengan kecenderungan body dysmorphic disorder. Saran bagi dewasa awal diharapkan dapat lebih memahami menghargai serta menerima segala kekurangan sebagaimana menerima kelebihan yang dimiliki sehingga tidak terfokus kepada kekurangan selain itu bagi significant others dapat memberikan dukungan sosial positif sebagai upaya dalam meningkatkan self esteem individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196580

Actions (login required)

View Item View Item