Engrasia, Claresta Engrasia (2021) Dukungan sosial sebagai prediktor kesejahteraan psikologis mahasiswa rantau / Claresta Engrasia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti pada 13 September 2021 kepada guru Bahasa Arab di MI Hasyim Asy rsquo ari bahwa masih terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis seperti kurangnya perbendaharaan kosakata kesulitan membedakan huruf hijaiyyah kurang paham mengenai kaidah kebahasaan atau tarkib dan masih merasa kesulitan menerjemahkan kalimat dari Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan media pembelajaran yang menarik dan variatif sehingga dapat menarik minat belajar siswa dan dapat mempermudah proses kegiatan belajar mengajar pada keterampilan menulis Bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan kartu pasangan Bithaaqataani sebagai media pembelajaran menulis Bahasa Arab pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyyah dan (2) mendeskripsikan kelayakan kartu pasangan Bithaaqataani sebagai media pembelajaran menulis Bahasa Arab pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyyah. Prosedur penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R amp D) milik Sugiyono (2012) yang memiliki 8 tahapan yaitu (1) analisis masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji penilaian produk (7) revisi produk (8) produk akhir. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif data kualitatif dianalisis menggunakan analisis data deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Sumber data didapat dari validator ahli media dan ahli materi serta guru Bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah produk berupa seperangkat kartu pasangan berjudul Bithaaqataani yang keseluruhan berjumlah 90 karttu dan terbagi menjadi 2 macam kartu yaitu 45 buah kartu soal dan 45 buah kartu jawaban. Di dalam kartu tersebut terdapat gambar kosakata dan pertanyaan yang terdiri atas 2 tema pelajaran yang sudah sesuai dengan kurikulum madrasah yang berlaku. Produk ini telah diuji validasi oleh ahli media dan ahli materi serta diuji penilaian oleh guru Bahasa Arab MI Hasyim Asy rsquo ari Kota Malang. Hasil dari uji kevalidan media oleh ahli media dan materi serta penilaian guru telah dinyatakan valid. Dengan demikian Kartu Pasangan Bithaaqataani dinyatakan valid dan layak digunakan Sebagai Media Pembelajaran Menulis Bahasa Arab pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyyah. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah penelitian ini perlu disempurnakan dengan melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan produk ini terhadap kemampuan menulis siswa serta mengembangkan produk serupa untuk keterampilan berbahasa Arab lainnya agar lebih variatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |