Analisis kawasan banjir kali samin menggunakan model hec-ras pada sub-das samin (studi kasus: Kabupaten Sukoharjo) - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kawasan banjir kali samin menggunakan model hec-ras pada sub-das samin (studi kasus: Kabupaten Sukoharjo)

Yuliano, Fajar Setiawan (2021) Analisis kawasan banjir kali samin menggunakan model hec-ras pada sub-das samin (studi kasus: Kabupaten Sukoharjo). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Bencana banjir menjadi permasalahan di Indonesia yang berdampak terhadap sosial ekonomi dan lingkungan. Kabupaten Sukoharjo selama 2010 ndash 2020 tercatat 28 kejadian banjir akibat luapan Kali Samin yang menggenangi 5 kecamatan diantaranya Polokarto Bendosari Mojolaban Grogol dan Sukoharjo. Pemodelan dilakukan sebagai antisipasi di masa mendatang dalam upaya mengurangi dampak dari bencana banjir. Penelitian ini menggunakan analisis hidrologi analisis hidraulika dan validasi model. Pemodelan dilakukan menggunakan program HEC-RAS 5.0.7 dengan input data geometri sungai debit banjir rencana dan Koefisien Manning. Analisis hidrologi digunakan untuk menghitung debit banjir rencana dengan metode Hidrograf Satuan Sintetik Gama 1. Analisis hidraulika menggunakan model 1D dan 2D dengan jenis aliran unsteadyflow. Pemodelan banjir didasarkan pada debit maksimum kala ulang 100 tahun sebesar 787 584 m3/dtk. Hasil luas agihan genangan banjir simulasi sebesar 40 km2 kecepatan aliran 707 813 m3/s dan kedalaman genangan antara 0 420 m sampai 4 25 m. Hasil validasi Kesesuaian model berkorelasi cukup baik yaitu sebesar 84%. Berdasarkan pemodelan dan data kejadian banjir Kecamatan Polokarto dan Grogol termasuk daerah dengan potensi genangan paling signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pengendalian banjir Kali Samin di Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 07:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196510

Actions (login required)

View Item View Item