Pengembangan mi sehat dengan penambahan tepung biji nangka dan bekatul / Aldila Caesaprima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mi sehat dengan penambahan tepung biji nangka dan bekatul / Aldila Caesaprima

Caesaprima, Aldila Caesaprima (2021) Pengembangan mi sehat dengan penambahan tepung biji nangka dan bekatul / Aldila Caesaprima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diabetes adalah penyakit gangguan metabolik pankreas tidak memproduksi cukup insulin sehingga konsentrasi glukosa darah (hiperglikemia) meningkat. Penderita diabetes secara global sebanyak 415 juta orang dan diperkirakan tahun 2040 menjadi 642 juta. Mi merupakan makanan instan yang digemari masyarakat umumnya berbahan tepung terigu dengan indeks glikemik tinggi yaitu 85. Biji nangka memiliki kandungan flavonoid berperan meningkatkan aktivitas enzim antioksidan yang mampu menurunkan kadar gula darah. Bekatul mengandung serat tinggi mampu mengontrol kadar gula darah. Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan mi penambahan tepung biji nangka dan bekatul sebagai alternatif pangan penderita diabetes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model prosedural. Uji organoleptik memiliki 4 parameter uji yaitu warna aroma tekstur dan rasa. Terdapat panelis terlatih dan tidak terlatih. Formulasi yang diteliti terdiri atas satu formulasi kontrol (F0) dan tiga formulasi perlakuan dengan penambahan tepung biji nangka dan bekatul yaitu F1 F2 F3 dengan persentase penambahan tepung biji nangka 10% 20% 30% dan tepung bekatul 5% pada semua formulasi. Hasil uji organoleptik diketahui parameter aroma dan rasa tidak adanya perbedaan yang bermakna dengan p-value gt 0 05 sedangkan parameter warna dan tekstur menunjukkan adanya pengaruh yang nyata dengan p-value lt 0 05. Skor penilaian tertinggi terdapat pada F0 dan F1 dengan skala range agak suka. Kandungan gizi terbaik terdapat pada F3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196487

Actions (login required)

View Item View Item