Peningkatan social skill dan prestasi belajar fisika dengan pembelajaran model siklus belajar 5E (learning cycle) pada pokok bahasan kalor di kelas VII C SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Makhsunatul Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan social skill dan prestasi belajar fisika dengan pembelajaran model siklus belajar 5E (learning cycle) pada pokok bahasan kalor di kelas VII C SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Makhsunatul Laili

Makhsunatul (2010) Peningkatan social skill dan prestasi belajar fisika dengan pembelajaran model siklus belajar 5E (learning cycle) pada pokok bahasan kalor di kelas VII C SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Makhsunatul Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci social skill prestasi belajar siklus belajar 5 E Social skill dan prestasi belajar fisika siswa di kelas VII C SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang pada umumnya masih rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya prestasi belajar fisika adalah guru jarang melakukan praktikum dan demonstrasi siswa hanya mengahafalkan konsep. Siswa kelas VII C cenderung bersifat individu walaupun dibentuk kelompok siswa tetap mengerjakan tugasnya sendiri-sendiri. Penelitian ini bertolak dari hasil pengamatan sehingga ditemukan adanya permasalahan di SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang khususnya kelas VI C tentang masih rendahnya social skill dan prestasi belajar siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan social skill dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII C SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang melalui model pembelajaran siklus belajar 5E. Model pembelajaran siklus belajar 5E merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memiliki 5 tahapan yaitu engagement (pendahuluan) eksploration (eksplorasi) explanation (eksplanasi) elaboration (elaborasi) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model siklus belajar 5E dapat meningkatkan social skill dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII C SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di dalam kelas. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi.Tindakan pada penelitian ini adalah siklus belajar 5E. Penelitian ini dilakukan di kelas VII C SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang semester genap 2009/2010. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data prestasi belajar dan social skill siswa yang diambil dari hasil observasi baik sebelum maupun selama penelitian dilakukan. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model siklus belajar 5E dapat meningkatkan prestasi belajar dan social skill siswa. Pada siklus I nilai rata-rata berdasarkan tes prestasi belajar adalah 66 dengan ketuntasan belajar 59%. Kemudian pada siklus II prestasi belajar rata-rata berdasarkan tes prestasi belajar adalah 72 dengan ketuntasan belajar 77%. Sedangkan persentase social skill pada siklus I adalah 56% dan pada siklus II menjadi 70%(naik14%). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model siklus belajar dapat meningkatkan prestasi belajar dan social skill siswa kelas VII C SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Disarankan bagi guru fisika hendaknya berkenan menerapkan model pembelajaran siklus belajar 5 E karena terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar dan social skill siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19646

Actions (login required)

View Item View Item