Upaya meningkatkan kemampuan mendesain dan aspek psikomotorik dalam pembuatan media fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek secara kolaboratif bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM / Andi Kurniawan Eko Supriyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kemampuan mendesain dan aspek psikomotorik dalam pembuatan media fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek secara kolaboratif bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM / Andi Kurniawan Eko Supriyadi

Andi Kurniawan Eko (2010) Upaya meningkatkan kemampuan mendesain dan aspek psikomotorik dalam pembuatan media fisika melalui model pembelajaran berbasis proyek secara kolaboratif bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM / Andi Kurniawan Eko Supriyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Berbasis proyek kemampuan mendesain aspek psikomotorik. Berdasarkan diskusi dan konsultasi dengan dosen pembina bahwa dalam perkuliahan pengembangan media pembelajaran terjadi permasalahan yakni rendahnya hasil belajar pada kemampuan mendesain dan ranah psikomotorik dalam membuat media by design. Permasalahan ini terjadi disebabkan oleh cara pembelajaran yang dilakukan masih kurang tepat dan pembelajaran yang selama ini dilakukan dalam pembuatan media masih bersifat individual. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk memberi kesempatan kepada setiap individu untuk belajar dan berkreasi dalam membuat media adalah model pembelajaran berbasis proyek secara kolaboratif. Model pembelajaran berbasis proyek memungkinkan mahasiswa untuk berakomodasi dalam kreatif membuat desain media. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran berbasis proyek secara kolaboratif pada pembuatan media fisika bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM (2) Mendeskripsikan perkembangan kemampuan mendesain media fisika mahasiswa selama dilakukan model pembelajaran berbasis proyek secara kolaboratif bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM (3) Mendeskripsikan perkembangan aspek psikomotorik mahasiswa dalam pembuatan media fisika selama dilakukan model pembelajaran berbasis proyek secara kolaboratif bagi mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan temuan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi lembar kerja mahasiswa dan uji produk. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Fisika dengan jumlah mahasiswa 30 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan mendesain media fisika mahasiswa mengalami peningkatan yaitu dari 61 79 61477 pada siklus I menjadi 81 43 61477 pada siklus II. Sedangkan peningkatan aspek psikomotorik mahasiswa dalam pembuatan media fisika juga mengalami peningkatan yaitu dari 70 74% pada siklus I menjadi 85 91% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek secara kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan mendesain dan aspek psikomotorik dalam pembuatan media fisika mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item