Desain dan analisis non-isolated boost converter untuk aplikasi photovoltaic bertingkat / Emil Furqoni Muttaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain dan analisis non-isolated boost converter untuk aplikasi photovoltaic bertingkat / Emil Furqoni Muttaqin

Muttaqin, Emil Furqoni (2021) Desain dan analisis non-isolated boost converter untuk aplikasi photovoltaic bertingkat / Emil Furqoni Muttaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang desain dan analisis suatu boost converter untuk diaplikasikan pada photovoltaic (PV) yang terhubung secara bertingkat (cascaded). Dengan susunan tersebut setiap modul PV terhubung paralel dengan satu konverter DC yang memungkinkan stabilisasi tiap modul PV. Konverter yang disusun bertingkat secara seri tidak membutuhkan penguatan yang tinggi. Sehingga konverter pada penelitian ini didesain memiliki keunggulan pada penguatan rendah. Penelitian ini diawali dengan mendesain topologi konverter berdasarkan prinsip dasar boost converter dan mengacu pada pengembangan topologi konverter yang sudah ada. Setelah topologi rangkaian ditentukan dilakukan analisis tegangan dan arus pada kondisi tunak (steady state). Pada komponen semikonduktor dilakukan perhitungan untuk menemukan stress tegangan dan arus untuk mengetahui rating komponen yang harus terpenuhi. Analisis perhitungan juga mempertimbangkan ripple arus dan tegangan supaya dapat diketahui nilai komponen induktor dan kapasitor yang dibutuhkan. Hasil dari perhitungan kemudian dibandingkan dengan konverter terdahulu yaitu boost converter dasar dan SEPIC (single ended primary inductor converter). Perbandingan ketiga konverter tersebut menunjukkan bahwa konverter yang didesain unggul dalam hal penguatan. Konverter yang didesain dapat menghasilkan penguatan sama dengan duty cycle yang lebih rendah. Keunggulan lainnya adalah konverter pada penelitian ini membutuhkan rating komponen yang lebih kecil. Desain Non-Isolated Boost Converter (NIBC) kemudian disimulasikan menggunakan software MATLAB Simulink untuk mengetahui bentuk sinyal dan performa konverter. Terdapat dua jenis simulasi yang dilakukan yaitu simulasi konverter tunggal dan simulasi converter dalam system cascaded. Simulasi converter tunggal dilakukan menggunakan sumber tegangan DC 24V frekuensi penyakelaran 40kHz dan Duty cycle 0 2. Hasil dari simulasi menunjukkan selisih maksimal 3 5416% dari hasil perhitungan. Hasil simulasi cascaded juga menunjukkan keunggulan NIBC dibandingkan konverter lain pada penguatan rendah. Sehingga konverter yang didesain telah memenuhi kriteria untuk diterapkan secara cascaded pada modul Photovoltaic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196389

Actions (login required)

View Item View Item