Sistem kontrol kursi roda menggunakan pemrosesan sinyal electrooculogram (eog) / Arizal Ismoyo Wijanarko - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem kontrol kursi roda menggunakan pemrosesan sinyal electrooculogram (eog) / Arizal Ismoyo Wijanarko

Wijanarko, Arizal Ismoyo Wijanarko (2021) Sistem kontrol kursi roda menggunakan pemrosesan sinyal electrooculogram (eog) / Arizal Ismoyo Wijanarko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beberapa individu yang memiliki penyakit Amyotropic Lateral Sclerosis (ALS) memiliki kelumpuhan motorik mengakibatkan kegiatan sehari-hari penderita ALS menjadi tidak mungkin dilakukan penderita ALS membutuhkan bantuan dari orang lain untuk melakukan kegiatan tersebut. Untuk membantu penderita ALS alat bantu yang dapat dikembangkan menggunakan sinyal kedipan mata sebagai masukan untuk mengendalikan perangkat yang digunakan. Salah satu alat bantu untuk membantu penderita ALS adalah kursi roda. Electrooculogram (EOG) dapat digunakan untuk penderita dengan disabilitas untuk mengendalikan kursi roda. Salah satu algoritma untuk klasifikasi dan estimasi adalah decision tree. Prototipe kursi roda yang digerakkan dengan gerakan dan kedipan mata untuk menggerakkan motor prototipe kursi roda agar prototipe kursi roda dapat bergerak maju berhenti dan belok kiri-kanan. Decision tree digunakan untuk klasifikasi gerakan dan kedipan mata yang diberikan untuk menentukan gerakan mata yang masuk. Pada penelitian ini hasil yang didapatkan adalah sistem mampu mengklasifikasi masukan gerakan dan kedipan mata dan dapat menggerakkan prototipe kursi roda sesuai dengan masukan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196387

Actions (login required)

View Item View Item