Perubahan penampang saluran pada jaringan irigasi sengkaling kiri akibat perilaku sedimentasi / Niken Reksanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan penampang saluran pada jaringan irigasi sengkaling kiri akibat perilaku sedimentasi / Niken Reksanti

Reksanti, Niken (2020) Perubahan penampang saluran pada jaringan irigasi sengkaling kiri akibat perilaku sedimentasi / Niken Reksanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Telah terjadi deforestasi dan penebangan liar di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas. Alih guna lahan hutan memicu peningkatan erosi dan sedimentasi. Sedimen yang ada pada saluran irigasi dapat menyebabkan perubahan dimensi saluran serta dapat mempengaruhi energi spesifik saluran sehingga mengakibatkan kurang optimumnya kinerja saluran irigasi. Penelitian ini bertujuan untuk meng-hitung besar angkutan sedimen dasar di saluran primer dan sekunder pada jaringan irigasi Sengkaling Kiri mendeskripsikan perubahan penampang saluran yang disebabkan oleh sedimen dan mendeskripsikan pengaruh perubahan penampang saluran terhadap energi spesifik di saluran primer dan sekunder pada jaringan irigasi Sengkaling Kiri. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer berupa sampel sedimen dasar dan dimensi saluran setelah terdapat sedimen. Sedangkan data sekunder berupa kemiringan dasar saluran dan dimensi asal saluran. Secara garis besar penelitian ini adalah menghitung angkutan sedimen dasar dan kinerja saluran. Angkutan sedimen dasar dihitung menggunakan persa-maan Schocklitsch Meyer-Peter dan Einstein. Sedangkan kinerja saluran diperoleh dengan membandingkan nilai energi spesifik rencana (Emin) dan energi spesifik lapangan (Elap). Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Rata-rata angkutan sedimen dasar yang dihitung menggunakan persamaan Schocklitsch sebesar 23 181 kg/det pada saluran primer dan 5 119 kg/det pada saluran sekunder rata-rata angkutan sedimen dasar yang dihitung menggunakan persamaan Meyer-Peter sebesar 20.649 573 kg/det pada saluran primer dan 4.471 758 kg/det pada saluran sekunder rata-rata angkutan sedimen dasar yang dihitung menggunakan persamaan Einstein sebesar 3 185 kg/det pada saluran primer dan 1 417 kg/det pada saluran sekunder (2) Sedimen yang terdapat pada dasar saluran menyebabkan unsur-unsur geometrik saluran yang meliputi luas basah (A) keliling basah (P) dan jari-jari hidrolik (R)mengalami penurunan nilai (3) Perubahan penampang saluran yang disebabkan oleh sedimen dasar memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap energi spesifik sehingga menyebabkan kurang optimumnya kinerja saluran irigasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196327

Actions (login required)

View Item View Item