Analisis faktor dominan biaya overhead pada proyek konstruksi bangunan gedung / Selvia Rozy Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor dominan biaya overhead pada proyek konstruksi bangunan gedung / Selvia Rozy Ramadhani

Ramadhani, Selvia Rozy Ramadhani (2021) Analisis faktor dominan biaya overhead pada proyek konstruksi bangunan gedung / Selvia Rozy Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaku badan jasa untuk memenangkan tender mengajukan penawaran dibawah dan mendekati harga tender merupakan hal yang sangat penting. Salah satu komponen biaya yang penting untuk diperhitungkan adalah biaya overhead. Biaya overhead merupakan elemen biaya konstruksi yang relatif besar dan sulit pengendaliannya selain itu sulitnya mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi biaya overhead menjadi salah satu permasalahan bagi para kontraktor. Kontraktor perlu memahami faktor yang mempengaruhi biaya overhead pemahaman kontraktor tersebut akan sangat berpengaruh dalam menentukan mekanisme yang tepat untuk mengestimasi dan mengalokasikan dana untuk mencukupi kebutuhan biaya overhead. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi biaya overhead serta nilai biaya overhead terhadap total keseluruhan biaya proyek oleh kontraktor kualifikasi menengah dan kontraktor kualifikasi kecil di kota Malang. Rancangan penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kontraktor di bidang konstruksi bangunan gedung yang berada di wilayah kota Malang. Data kontraktor dilihat dari anggota GAPENSI 2021 Kota Malang yang berjumlah 5 kontraktor kualifikasi menengah dan 26 kontraktor kualifikasi kecil. Pengolahan data hasil kuesioner dengan analisis faktor analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian adalah (1) Faktor dominan yang mempengaruhi biaya overhead kantor dan biaya overhead proyek/lapangan oleh kontraktor kualifikasi menengah dan kontraktor kualifikasi kecil yaitu faktor profil proyek. (2) Nilai biaya overhead kantor kontraktor kualifikasi menengah yaitu rentang 2 1%-3% 3 1%-4% 4 1%-5% 5 1%-6% 6 1%-7% sedangkan kontraktor kualifikasi kecil yaitu rentang 0 1%-2% 02 1%-3% 3 1%-4%. Nilai biaya overhead proyek/lapangan oleh kontraktor kualifikasi menengah yaitu rentang 4 1%-5% 5 1%-6% 6 1%-7% 7 1%-8% sedangkan kontraktor kualifikasi kecil yaitu rentang 0 1%-2% 02 1%-3% 3 1%-4%. (3) Ada perbedaan persentase besarnya nilai biaya overhead kantor dan overhead proyek/lapangan terhadap total keseluruhan biaya proyek antara kontraktor kualifikasi menengah dan kontraktor kualifikasi kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196276

Actions (login required)

View Item View Item