Analisis karakteristik termal pirolisis batubara (sub-bituminous) dengan uji termogravimetrik / Haris Sudana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis karakteristik termal pirolisis batubara (sub-bituminous) dengan uji termogravimetrik / Haris Sudana

Sudana, Haris Sudana (2021) Analisis karakteristik termal pirolisis batubara (sub-bituminous) dengan uji termogravimetrik / Haris Sudana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Energi mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian baik sebagai bahan bakar bahan baku maupun sebagai komoditas ekspor. Konsumsi energi terus meningkat sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi dan penduduk. Kebutuhan akan bahan bakar masih menjadi masalah yang belum terselesaikan di banyak negara tidak terkecuali negara Indonesia. Hal ini terjadi karena semakin berkembangnya kehidupan dan teknologi yang ada. Oleh karena itu perlu adanya energi alternatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan Pegujian termogravimetrik dengan udara nitrogen sebesar 100ml/menit dengan range temperatur 25-1000oC. Termogravimetrik dilakukan menggunakan variasi heating rate sebesar 10 20 30 dan 40oC/menit. Uji dekomposisi pirolis batubara dapat menghasilkan beberapa grafik yaitu grafik Termogravimetrik yang menggambarkan penurunan massa sampel pada suhu tertentu sedangkan grafik Derivative Termogravimetrik menggambarkan laju penurunan massa kemudian setelah di hasilkan grafik grafik tersebut akan di deskripsikan sehingga didapatkan data dan informasi tentang tahapan proses dekomposisi berdasarkan penurunan berat pada laju pemanasan tertentu. Hasil dari penelitian dapat diambil kesimpulan terjadi 3 tahap dekomposisi tahap pertama meliputi dekomposisi pelepasan kadar air tahap kedua dekomposisi utama volatil dan tahap terakhir meliputi dekomposisi pirolisis sisa arang pada tahap kedua menjadi abu dan tar. Kinetika pada pirolisis batubara dianalisis menggunakan model fitting metode Coats-Redfern pada mekanisme reaksi chemical reaction order F1 5 dengan Energi aktivasi berkisar 56 ndash 63 kJ/mol dan nilai korelasi koefisien sebesar 0.944 ndash 0.980.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196233

Actions (login required)

View Item View Item