Analisis tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Jawa Timur tahun 2018/Julita Elma - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Jawa Timur tahun 2018/Julita Elma

Elma, Julita (2020) Analisis tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Jawa Timur tahun 2018/Julita Elma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang hingga saat ini masih mengalami proses pembangunan ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Tujuan dari pembangunan ekonomi salah satunya mengatasi masalah pengangguran. Provinsi Jawa Timur adalah salah satu provinsi dengan jumlah pertumbuhan penduduk yang cukup pesat dan juga tidak luput dari masalah pengangguran. Jumlah pengangguran di Jawa Timur cukup tinggi yaitu mencapai ratusan ribu orang. Pertambahan penduduk yang semakin pesat dan semakin besar jumlahnya menyebabkan masalah pengangguran menjadi bertambah buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang diduga mempengaruhi tingkat pengangguran teruka di Provinsi Jawa Timur tahun 2018. Hal ini dapat dilihat dari Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Laju Pertumbuhan Penduduk Rasio Ketergantungan Presentase Penduduk Miskin. Dalam penelitian ini dilakukan analisis secara kuantitatif deskriptif untuk menjelaskan pengaruh antar variabel prediktor dengan variabel respon. Rancangan penelitian diawali dengan pengumpulan data sekunder variabel-variabel yang diperlukan. Selanjutnya penyusunan data melalui tabulasi kemudian mencari scatterplot antar variabel lalu melakukan permodelan menggunakan regresi non parametrik spline truncated. Kemudian melakukan beberapa uji parameter dan uji asumsi residual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel prediktor yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tingkat Partisipasi Angakatan Kerja Laju Pertumbuhan Penduduk Rasio Ketergantungan dan Presentase Penduduk Miskin berpengaruh signifikan terhadap variabel respon dengan menggunakan model kombinasi knot. Model yang didapat adalah variabel Tingkat Partisipasi Angakatan Kerja menggunakan 3 knot variabel Laju Pertumbuhan Penduduk menggunakan 1 knot variabel Rasio Ketergantungan menggunakan 3 knot dan variabel Presentase Penduduk Miskin menggunakan 3 knot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196195

Actions (login required)

View Item View Item