Analisis efisiensi teknis usahatani pisang mas kirana di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang/Siti Nurhasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis efisiensi teknis usahatani pisang mas kirana di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang/Siti Nurhasanah

Nurhasanah, Siti (2020) Analisis efisiensi teknis usahatani pisang mas kirana di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang/Siti Nurhasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurhasanah Siti. 2020. Analisis Efisiensi Teknis Usahatani Pisang Mas Kirana di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agus Sumanto S.E. M.SA Kata kunci Pisang Mas Kirana Efisiensi Teknis DEA Regresi Linier Berganda. Pisang Mas Kirana merupakan komoditas unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Lumajang. Salah satu sentra penghasil Pisang Mas Kirana terbesar ada di Kecamatan Sendro. Permintaan untuk Pisang Mas Kirana selalu meningkat setiap tahunnya namun kondisi ini tidak dapat direspon oleh petani dikarenakan produksi Pisang Mas Kirana mengalami penrunan. Penurunan produksi ini akan berdampak pada menurunnya pendapatan para petani sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan produksi. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi yaitu dengan mengkombinasikan penggunaan input-output dengan baik atau dikenal dengan efisiensi teknis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur efisiensi teknis usahatani dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efisiens teknis usahatani Pisang Mas Kirana di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dan Regresi Tobit. Pengukuran efisiensi teknis dari usahatani Pisang Mas Kirana ini menggunakan variabel input berupa luas lahan bibit pupuk jarak tanam dan tenaga kerja dengan variabel outputnya berupa produksi Pisang Mas Kirana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum petani Pisang Mas Kirana di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang masih belum efisien secara teknis. Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis usahatani Pisang Mas Kirana di Kecamatan Senduro yaitu usia petani tanggungan dalam keluarga petani dan keanggotaan petani dalam kelompok tani. Variabel lama bertani tidak berpengaruh terhadap efisiensi teknis usahatani Pisang Mas Kirana di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196186

Actions (login required)

View Item View Item