Valuasi ekonomi menggunakan TRAVEL COST METHOD (TCM) dan CONTINGENT VALUATION METHOD (CVM) pada objek wisata Candi Singosari Kabupaten Malang/Qurrotul Ain - Repositori Universitas Negeri Malang

Valuasi ekonomi menggunakan TRAVEL COST METHOD (TCM) dan CONTINGENT VALUATION METHOD (CVM) pada objek wisata Candi Singosari Kabupaten Malang/Qurrotul Ain

Ain, Qurrotul (2020) Valuasi ekonomi menggunakan TRAVEL COST METHOD (TCM) dan CONTINGENT VALUATION METHOD (CVM) pada objek wisata Candi Singosari Kabupaten Malang/Qurrotul Ain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Objek wisata Candi Singosari adalah salah satu dari wisata candi peninggalan sejarah di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Pengelolaan objek wisata Candi Singosari dilakukan oleh pemerintah daerah yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar tempat wisata. Bangunan Candi Singosari berada di tengah-tengah permukiman warga dan berada tepat di samping jalan utama Desa Candirenggo hal tersebut merupakan nilai tambah bagi wisata karena mudah ditemukan bagi wisatawan dan dapat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah sekitar baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya perjalanan pendapatan jarak dan alternatif lain terhadap jumlah kunjungan objek wisata Candi Singosari. Mengetahui pengaruh nilai keberadaan nilai manfaat jumlah kunjungan dan pendapatan terhadap tingkat kontribusi yang ingin diberikan (WTP) pengunjung objek wisata Candi Singosari dan menghitung nilai ekonomi objek wisata Candi Singosari dengan menjumlahkan nilai kegunaan langsung dan nilai keberadaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan Travel Cost Method (TCM) dan Contingent Valuation Method (CVM) dan data penelitian berupa data time series. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan pendekatan Ordinary Least Squares (OLS). Program yang digunakan menganalisis data penelitian adalah Stata 14. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian yaitu biaya perjalanan pendapatan jarak dan alternatif lain mempengaruhi jumlah kunjungan objek wisata Candi Singosari. Nilai keberadaan nilai manfaat jumlah kunjungan dan pendapatan mempengaruhi tingkat kontribusi yang ingin diberikan pengunjung objek wisata Candi Singosari. Nilai ekonomi objek wisata Candi Singosari sebesar Rp 6.270.035 99 yang diperoleh dari hasil penjumlahan nilai manfaat langsung sebesar Rp 6.269.684 63 dan nilai keberadaan sebesar Rp 351 356. Hasil perhitungan nilai manfaat langsung pada Travel Cost Method (TCM) diperoleh nilai surplus konsumen sebesar Rp 267.663 833 sedangkan hasil perhitungan nilai keberadaan pada Contingent Valuation Method (CVM) diperoleh nilai WTP Riil sebesar Rp 15.000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196185

Actions (login required)

View Item View Item