Literasi keuangan dan akses kredit formal bagi pengusaha UMKM di Kabupaten Malang / Mochammad Arif Lukman Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Literasi keuangan dan akses kredit formal bagi pengusaha UMKM di Kabupaten Malang / Mochammad Arif Lukman Hadi

Hadi, Mochammad Arif Lukman (2020) Literasi keuangan dan akses kredit formal bagi pengusaha UMKM di Kabupaten Malang / Mochammad Arif Lukman Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau dikenal dengan UMKM mempunyai peran besar bagi perekonomian Indonesia. Hal ini juga menjadikan UMKM sebaga salah satu agenda pembangunan ekonomi karena dapat membantu penyerapan tenaga kerja yang tidak terserap oleh sektor industri. Jumlah UMKM yang ada di Indonesia mengalami peningkatan kurang lebih 2% tiap tahunnya. Dengan bertambahnya jumlah UMKM tersebut maka tenaga kerja yang diserap setiap tahunnya juga lebih banyak dengan peningkatan antara 3% hingga 6% tiap tahunnya. Sebuah kontribusi yang sangat besar dari UMKM untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebuah usaha yang akan didirikan juga membutuhkan modal walaupun tidak selalu tentang uang. Tetapi secara umum UMKM selalu membutuhkan modal yang cukup besar. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM tidak hanya mengenai tentang sumber daya manusia dan penegelolaan keuangan tetapi juga tentang permodalan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah permodalan adalah menggunakan jasa lembaga keuangan dengan cara melakukan pinjaman atau kredit usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan aspek pengukuran variabel secara objektif dengan angka dalam menganalisis data menggunakan prosedur statistika. Sifat penelitian ini adalah korelasi artinya penelitian ini akan mencari ada tidaknya pengaruh antara literasi keuangan terhadap akses kredit formal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling yaitu setiap individu dalam populasi tidak memiliki peluang yang sama besarnya untuk menjadi sampel dalam penelitian. Sementara untuk memilih sampel peneliti menggunakan teknik convenience sampling dikarenakan peneliti lebih mudah untuk menemui dan sesuai dengan kriteria sampel yang telah peneliti tetapkan sebelumnya. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan terhadap akses kredit formal bagi pengusaha UMKM di Kabupaten Malang. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengusaha yang memiliki literasi keuangan rendah ditolak pengajuan kreditnya dan untuk pengajuan kedua kalinya diterima setelah meningkatkan pengetahuan dan literasi keuangannya. (2) Ditemukan variabel baru ketika proses terjun lapangan untuk memperoleh data yaitu kesejahteraan ekonomi di kala pandemi covid-19. Adanya kebijakan terkait keringanan angsuran kredit menyebabkan mantan pegawai swasta yang terkena PHK berani mengajukan pinjaman untuk mendirikan UMKM sebagai langkah untuk mempertahankan kondisi ekonomi rumah tangganya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196180

Actions (login required)

View Item View Item