Analisis hubungan antara literasi keuangan, perilaku keuangan, dan kepuasan keuangan / Fajrin Nur Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hubungan antara literasi keuangan, perilaku keuangan, dan kepuasan keuangan / Fajrin Nur Hidayah

Hidayah, Fajrin Nur Hidayah (2021) Analisis hubungan antara literasi keuangan, perilaku keuangan, dan kepuasan keuangan / Fajrin Nur Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan dunia keuangan di era modern yang semakin kompleks telah memberikan banyak pilihan bagi masyarakat dalam berperilaku dengan tujuan untuk mencapai kepuasan finansial. Dalam mencapai kepuasan finansial diperlukan perilaku keuangan individu yang mengarah pada perilaku keuangan yang baik dan bertanggung jawab dan juga pemahaman yang baik akan keuangan itu sendiri. Literasi keuangan erat kaitannya dengan pengelolaan keuangan dimana semakin tinggi tingkat literasi keuangan seseorang diharapkan akan semakin baik pula pengelolaan keuangan orang tersebut. Pengelolaan keuangan yang baik akan menciptakan kepuasan dalam diri individu dalam hal keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat antara literasi keuangan dan perilaku keuangan perilaku keuangan dan kepuasan keuangan serta antara literasi keuangan dan kepuasan keuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hubungan sebab-akibat antara literasi keuangan perilaku keuangan dan kepuasan keuangan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kausalitas granger dengan bantuan software Eviews 9. Data penelitian diperoleh melalui pembagian kuisioner secara online berupa angket dengan responden berjumlah 100 orang yang merupakan Warga Negara Indonesia berusia produktif (15-64 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sebab-akibat satu arah (unidirectional causality) antara literasi keuangan terhadap perilaku keuangan terdapat hubungan sebab-akibat satu arah (unidirectional causality) antara perilaku keuangan terhadap kepuasan keuangan namun tidak terdapat hubungan sebab-akibat apapun (independence) antara literasi keuangan dan kepuasan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut hasil penelitian ini bagi dunia akademis diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian yang lebih baik sehingga dapat mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan teknik analisis yang berbeda seperti analisis regresi linear berganda SEM maupun analisis jalur (path analysis). Selain itu dapat pula dengan menambahkan variabel yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini seperti beban hutang atau cicilan dan bias kognitif. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memasukkan rentang usia ke dalam karakteristik responden sehingga dapat dengan mudah diketahui usia dominan yang memberikan jawaban dalam kuisioner. Bagi pihak terkait dalam dunia keuangan diharapkan dapat memberikan sosialisasi yang lebih masif terkait asuransi dan investasi. Serta bagi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan wawasan keuangan terutama dalam hal asuransi dan investasi yang dapat diakses dengan mudah melalui berbagai situs online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196153

Actions (login required)

View Item View Item