Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan gender di indonesia tahun 2015-2019 / Hot Dumarina Damanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan gender di indonesia tahun 2015-2019 / Hot Dumarina Damanik

Damanik, Hot Dumarina Damanik (2021) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan gender di indonesia tahun 2015-2019 / Hot Dumarina Damanik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indeks Pembangunan Gender adalah indeks yang menggambarkan suatu kinerja dalam pembangunan kualitas atau kelayakan hidup seperti kesejahteraan pendidikan dan kesehatan indeks ini merupakan indeks yang memperhitungkan ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan.Di Indonesia indeks digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam pembangunan gender untuk mengurangi kejadian ketidaksetaraan gender pada perempuan dan laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Gender di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data berupa uji regresi berganda dan uji asumsi klasik. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bappenas.Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah Kemiskinan PDRB dan Penduduk yang Mempunya Keluhan Kesehatan sedangkan variabel terikat adalah Indeks Pembangunan Gender. Hasil regresi penelitian menunjukkan bahwa variabel kemiskinan dan Penduduk yang Mempunyai Keluhan Kesehatan berpengaruh negatif dan signifikan. Sedangkan variabel pdrb berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Gender.Analisis data yang digunakan regresi linear berganda.Selain itu penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan para pengambil kebijakan dalam merumuskan dan mengesahkan kebijakan pembangunan untuk menyusun rencana pembangunan di masa yang akan datang dalam rangka menciptakan dan mempertahankan pertumbuhan indeks pembangunan gender.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196143

Actions (login required)

View Item View Item