Pengaruh leverage dan corporate governance terhadap tax avoidance (studi empiris pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI periode tahun 2017-2019) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh leverage dan corporate governance terhadap tax avoidance (studi empiris pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI periode tahun 2017-2019)

Desnandri, Nadya Nur (2021) Pengaruh leverage dan corporate governance terhadap tax avoidance (studi empiris pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI periode tahun 2017-2019). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pajak merupakan sumber utama Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang berperan sangat penting bagi suatu negara. Hal ini juga diatur pada undang ndash undang nomor 28 tahun 2007 dengan itu maka seluruh wajib pajak harus menyisihkan sebagian pendapatannya untuk dibayarkan pajak. Namun dalam melaksanakannya ada ketidakpatuhan yang menjadi hambatan salah satunya adalah penghindaran pajak atau tax avoidance. Penghindaran pajak (Tax avoidance) merupakan cara untuk menghindari pembayaran pajak secara legal yang dilakukan oleh wajib pajak dengan cara mengurangi jumlah pajak terutangnya tanpa melanggar peraturan perpajakan atau dengan istilah lainnya mencari kelemahan peraturan. Tindakan tax avoidance akan mengurangi kas negara atau mempengaruhi penerimaan negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena aspek pengukuran variabel secara obyektif dengan angka dan dalam menganalisis data menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda. Sifat penelitian ini adalah korelasional artinya penelitian ini akan mencari pengaruh leverage dan corporate governance terhadap tax avoidance. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria tertentu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif antara leverage dengan tax avoidance (2) Terdapat pengaruh positif antara kepemilikan institusional terhadap tax avoidance (3) Terdapat pengaruh negative antara Komisaris independent dengan tax avoidance (4) Tidak ada pengaruh antara intensitas pertemuan komite audit dengan tax avoidance (5) Terdapat pengaruh negatif antara kualitas audit dengan tax avoidance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 01:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196141

Actions (login required)

View Item View Item