Pengaruh dukungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa di kota malang/ Syifa Anindhia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dukungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa di kota malang/ Syifa Anindhia

Anindhia, Syifa (2020) Pengaruh dukungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa di kota malang/ Syifa Anindhia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengangguran merupakan satu masalah besar yang ada di Indonesia. Pengangguran bisa terjadi karena jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Salah satu yang yang dapat dilakukan oleh para generasi muda untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuka lapangan pekerjaan sendiri khusunya mahasiswa karena mereka adalah agen perubahan dan calon pemimpin negara. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kondisi variabel dukungan keluarga efikasi diri dan minat berwirausaha (2) untuk mengetahui adanya hubungan signifikan antara dukungan keluarga dan minat berwirausaha (3) untuk mengetahui adanya hubungan signifikan antara efikasi diri dan minat berwirausaha mahasiswa di Kota Malang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif yang dilakukan pada mahasiswa dari empat universitas negeri terbesar di Kota Malang. Dari populasi keempat universitas tersebut diambil sampel dengan jumlah 400 responden. Pengumpulan data dikumpulkan dengan kuesioner melalui google form dan pengukurannya menggunakan skala likert dengan skor 1 sampai 5. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel dukungan keluarga variabel efikasi diri dan variabel minat berwirausaha termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda yang telah dilakukan diketahui bahwa dukungan keluarga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dan efikasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Nilai koefisien hubungan dukungan keluarga memiliki nilai lebih besar dibandingkan dengan variabel efikasi diri. Sehingga peneliti berharap perlunya bagi keluarga untuk memberikan dukungan berupa dukungan secara moril maupun materil kepada minat anak dalam berwirausaha karena minat anak tidak akan cukup kuat jika hanya dibina dan dibentuk melalui pengalaman tanpa dorongan dan bimbingan dari orang tua terutama untuk dukungan materiil berupa penyediaan alat dan bahan untuk menjalankan usaha. Meskipun ada minat yang kuat pada anak untuk menjadi wirausaha tanpa dukungan orang tua maka ada kemungkinan anak-anak akan merasa kurang percaya diri atau bahkan tidak lagi ingin mengejar keinginannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195991

Actions (login required)

View Item View Item