Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ekosistem kelas X SMAN 5 Malang / Rifda Zulfa Luthfia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ekosistem kelas X SMAN 5 Malang / Rifda Zulfa Luthfia

Luthfia, Rifda Zulfa (2020) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ekosistem kelas X SMAN 5 Malang / Rifda Zulfa Luthfia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu kendala yang dialami siswa kelas X SMAN 5 Malang dalam mempelajari materi ekosistem adalah menentukan peranan organisme dalam rantai makanan siswa secara umum masih menganggap biologi sebagai mata pelajaran hafalan dimana selain siswa mengalami kesulitan terhadap materi pembelajaran menjadi kurang bermakna. Ditambah lagi adanya ketidakmerataan kemampuan siswa di kelas X karena adanya masukan siswa dengan sistem zonasi yang juga menjadi kendala tersendiri bagi guru. Salah satu cara mengatasi kendala pembelajaran materi ekosistem adalah dengan memperbaiki model pembelajaran yang dilakukan. Dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Dengan model pembelajaran Project Based Learning yang berbasis inkuiri dan kooperatif diharapkan dapat meningkatkan keterampilan analitis siswa dan interaksi antar siswa diharapkan dapat menghasilkan pemerataan pengetahuan dalam pembelajaran kelompok sehingga keberhasilan belajar dapat dicapai dengan lebih maksimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar materi ekosistem Kelas X SMAN 5 Malang. Hasil belajar yang diukur ditinjau dari hasil belajar dalam ranah kognitif afektif dan psikomotorik. Penelitian menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (diadaptasi dari Kemmis dan McTaggart) dan dilakukan sebanyak 2 siklus. meliputi tahap perencanaan yaitu pembuatan instrumen pembelajaran dan validasi oleh ahli dan guru biologi tindakan yang berupa penerapan model pada subyek penelitian sebanyak 33 siswa dalam satu kelas. Selama tidakan dilakukan pengamatan pelaksanaan pembelajaran oleh observer yang kemudian dilakukan refleksi untuk perencanaan siklus berikutnya. Pada analisis dilakukan analisis kelayakan instrumen pembelajaran dan analisis data hasil belajar. Analisis hasil belajar dilakukan dengan menghitung ketuntasan belajar perseorangan yang didapat dari pretest dan posttest hasil belajar kognitif dan hasil observasi hasil belajar afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada penerapan model pembelajaran Project Based Learningi (PjBL) di kelas XG2 SMAN 5 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 6 25% pada siklus 1 dan 78 13% pada siklus 2. Selain itu juga adanya peningkatan hasil belajar afektif sebesar 21 2% dan 3 05% dalam hasil belajar psikomotorik dari siklus 1 ke siklus 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195902

Actions (login required)

View Item View Item