Pengembangan instrumen penilaian (assesment) untuk mengukur keterampilan proses sains berbasis penilaian otentik pada bab laju reaksi / Dinda Putri Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian (assesment) untuk mengukur keterampilan proses sains berbasis penilaian otentik pada bab laju reaksi / Dinda Putri Maharani

Maharani, Dinda Putri (2020) Pengembangan instrumen penilaian (assesment) untuk mengukur keterampilan proses sains berbasis penilaian otentik pada bab laju reaksi / Dinda Putri Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPIALN PROSES SAINS BERBASIS PENILAIAN OTENTIK PADA BAHAN KAJIAN LAJU REKASI Pembelajaran sains merupakan interaksi antara komponen-komponen pembalajaran dalam bentuk proses untuk mencapai tujuan atau hasil yang berbentuk kompetensi atau kemampuan yang diharapkan. Pencapaian hasil pembelajaran kimia membutuhkan penggunaan instrumen penilaian yang tidak hanya mencakup hafalan dan pemahaman tetapi juga dibutuhkan penilaian yang melatih keterampilan berpikir agar pembelajaran kimia yang diterapkan kepada peserta didik dapat memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kualitas pendidikan dan proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah bagaimana proses penilaian diterapkan dalam pendidikan yang sedang dilaksanakan. Guru dalam melakukan penilaian cenderung masih mengedepankan tentang apakah siswa dapat mengenal mengingat atau memahami apa yang telah ia pelajari dan hanya mampu menilai hasil akhir dari pembelajaran Kimia. Sehingga tujuan peneliti adalah mengembangkan instrumen penilaian yang dapat mengukur Keterampilan Proses Sains Peserta didik berbasis Penilaian Otentik pada materi Laju Reaksi dan Memperoleh Instrumen Penilaian yang memenuhi kriteria penilaian yang baik melalui uji validitas dan reliabilitas. Penilaian pendidikan adalah suatu upaya untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keberhasilan kegiatan pendidikan dengan maksud untuk mengetahui peran masing-masing input.Penilaian Otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input) proses dan keluaran (output) pembelajaran. Proses belajar mengajar menggunakan pendekatan keterampilan proses sains adalah proses belajar mengajar yang dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat menemukan fakta-fakta konsep-konsep dan teori-teori dengan keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik sendiri. Model pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Peserta didik berbasis Penilaian Otentik yang dikembangkan diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg amp Gall. Sedangkan menurut sumber lain metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Namun karena keterbatasan waktu dan biaya maka model Borg amp Gall dimodifikasi untuk disesuaikan degan pengembangan yang akan dilakukan. Tingkat valididtas instrument penilaian otentik diukur dengan menggunakan penjelasan data kuantitatif. Berdasarkan validasi yang dilakukan oleh validator ada beberapa aspek yang perlu dilakukan perbaikan salah satunya adalah perlu ditambahkan gambar supaya terlihat lebih menarik. Hasil validasi yang telah diisi oleh validator terhadap kelayakan instrument penilaian yang dikembangkan dapat diketahui bahwa hasil validasi untuk instrument penilaian untuk kognitif menunjukkan persentase pada aspek isi sebesar 83%. Persentase tersebut menunjukkan kategori bahwa instrument yang dikembangkan tersebut sangat baik. Aspek konstruksi menghasilkan persentase sebesar 73%. Persentase tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada aspek bahasa instrumen penilaian untuk kognitif ini mendapatkan persentase sebesar 100%. Uji validitas juga dilakukan pada instrument penilaian untuk mengukur aspek sikap. Diketahui bahwa hasil validasi instrument penilaian untuk sikap menunjukkan persentase pada aspek isi sebesar 75%. Persentase tersebut menunjukkan kategori bahwa instrument yang dikembangkan tersebut baik. Aspek konstruksi menghasilkan persentase sebesar 73%. Persentase tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada aspek bahasa instrumen penilaian untuk sikap mendapatkan persentase sebesar 100%. Hasil validasi instrument penilaian untuk psikomotorik menunjukkan persentase pada aspek isi sebesar 83%. Persentase tersebut menunjukkan kategori bahwa instrument yang dikembangkan tersebut baik. Aspek konstruksi menghasilkan persentase sebesar 73%. Persentase tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan pada aspek bahasa instrumen penilaian untuk sikap mendapatkan persentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil dari rata-rata tiap aspek adalah sebesar 80 3%. Persentese ini termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa instrument yang dikembangkan oleh peneliti sangat baik jika digunakan pada skala kecil atau digunakan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195833

Actions (login required)

View Item View Item