Analisis kinerja algoritma minimax dan algoritma greedy dalam menyelesaikan permainan connect 4 / Hanim Izzi Latifiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja algoritma minimax dan algoritma greedy dalam menyelesaikan permainan connect 4 / Hanim Izzi Latifiyah

Latifiyah, Hanim Izzi (2020) Analisis kinerja algoritma minimax dan algoritma greedy dalam menyelesaikan permainan connect 4 / Hanim Izzi Latifiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bermain menggunakan logika merupakan salah satu cara untuk menyegarkan otak yang dapat ditemukan pada permainan papan seperti catur halma tic-tac-toe dan connect 4. Connect 4 merupakan permainan papan yang dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan logika untuk memenangkan permainannya yaitu membuat empat bola milik pemain segaris secara vertikal horizontal maupun diagonal. Dalam penyelesaian permainan logika manusia membuat langkah-langkah terbaiknya sehingga dapat memenangkan permainan tersebut. Seiring kemajuan teknologi yang pesat dibuatlah metode penyelesaian untuk masalah pencarian solusi terbaik pada suatu permainan dalam bentuk kecerdasan buatan yang dapat berpikir dan bertindak seperti manusia misalnya algoritma minimax dan algoritma greedy. Algoritma minimax memilih kemungkinan terbaik dari percabangan pohon pencarian menggunakan metode Breadth First Search (BFS) sehingga proses yang dilakukan lebih efisien. Algoritma greedy menggunakan pohon pencarian satu percabangan sesuai metode dasar algoritma yaitu memilih kemungkinan terbaik pertama yang ditemukan. Penelitian ini melihat bagaimana kinerja algoritma minimax dan algoritma greedy pada permainan connect 4. Analisis dilakukan dengan menguji kedua algoritma pada suatu kasus tertentu kemudian membandingkan kinerjanya. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui spesifikasi kinerja algoritma minimax dan algoritma greedy sebagai bentuk kecerdasan buatan dalam menyelesaikan masalah pencarian solusi terbaik pada salah satu permainan yang menggunakan logika yaitu connect 4. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa algoritma minimax memberikan solusi yang lebih tepat pada keadaan yang ada sehingga lebih mampu diaplikasikan pada permainan connect 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195688

Actions (login required)

View Item View Item