Game edukasi berbasis android khusus tunagrahita ringan kelas IV pada materi operasi hitung bilangan / Labbaika Rahma Ababil - Repositori Universitas Negeri Malang

Game edukasi berbasis android khusus tunagrahita ringan kelas IV pada materi operasi hitung bilangan / Labbaika Rahma Ababil

Ababil, Labbaika Rahma (2020) Game edukasi berbasis android khusus tunagrahita ringan kelas IV pada materi operasi hitung bilangan / Labbaika Rahma Ababil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan Teknologi kini dapat memudahkan setiap manusia untuk melakukan sesuatu yang diinginkannya. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi pada bidang pendidikan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik yang cukup beragam dan efektif untuk digunakan Salah satunya dengan Game Edukasi ini. Game edukasi merupakan media pembelajaran yang sangat populer dan sedang banyak dikembangkan banyak ahli untuk mendukung proses pembelajaran dalam kelas. Game edukasi lebih mengacu pada isi dan tujuan edukasi yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa game edukasi yaitu sebuah media pembelajaran yang bersifat mendidik dimana dengan media tersebut dapat melakukan kegiatan dengan sesama siswa dalam melakukan permainan dalam kegiatan pembelajaran. Terlebih jika game edukasi termuat dalam smartphone berbasis android yang sudah banyak digunakan berbagai kalangan. Mulai dari merk terkenal sampai biasa atau yang canggih sampai sederhana kian marak digunakan oleh berbagai kalangan. Ringan mudah dibawa praktis menjadi alasan utama kenapa tiba ndash tiba marak digunakan oleh pemakainya. Bagi anak tunarahita mungkin mereka tidak bisa menggunakan dengan baik dan harus didampingi oleh orang tua atau pun guru. Tunagrahita ialah istilah yang digunakan untuk anak yang mempunyai kemampuan intelektual berpikir dibawah rata ndash rata. Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami keterbelakangan mental ditunjukkan dengan fungsi kecerdasan di bawah rata ndash rata. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu media pembelajaran berbasis android yang valid praktis dan efektif untuk memahamkan siswa SLB khusus tunagrahita ringan akan materi mengenal bilangan dan operasi hitung bilangan untuk kelas IV semester 2. Metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi dengan metode ADDIE yaitu Analysis Design Development and Implementation dan terakhir Evaluation yang digunakan untuk membuat aplikasi ldquo Petualangan Moly rdquo . Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan untuk kelas IV semester 2 pada SDLB Negeri 4 Kedungkandang yang berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian ini berbentuk data kuantitatif dan kualitatif sedangkan metode penelitian dengan menggunakan angket. Angket ini digunakan untuk validasi pengembangan media aplikasi dan memperoleh data tentang penggunaan media pembelajaran di SDLB Negeri 4 Kedungkandang. Sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media materi dan angket respon siswa. Hasil Penelitian ini adalah 1) Produk yang dihasilkan berupa file .apk yang dapat dijalankan pada perangkat android 2) Kevalidan Game Edukasi yang dilakukan oleh 2 validator memperoleh skor kevalidan media 4 4 dan skor kevalidan materi yaitu 4 2 adapula skor kevalidan angket respon siswa 3 74 sehingga menurut kriteria kevalidan game edukasi ini dapat dikatakan valid dengan sedikit revisi untuk penyempurnaan produk berdasarkan saran dan komentar adri validator 3) Uji kepraktisan di uji cobakan secara terbatas kepada 8 siswa SDLB Negeri 4 Kedungkandang. Ujicoba kepraktisan diperoleh nilai rata 3 75 Yang berarti masuk kategori praktis 4) Adapula ujicoba keefektifan untuk siswa yang diperoleh dari skor keefektifan media pembelajaran minimal 75% dengan skor minimal 450 dan skor maksimal 600. Sedangkan hasil subjek uji coba semua memiliki skor diatas 450 yang berarti game edukasi ini efektif digunakan untuk melatih keterampilam siswa. Sehingga dari analisis kevalidan kepraktisan dan keefektifan game edukasi berbasis android khusus tunagrahita pada materi operasi hitung bilangan telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif untuk melatih ketrampilan siswa pada materi operasi hitung bilangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195686

Actions (login required)

View Item View Item