Rancang bangun intelligent tutoring system (ITS) berbasis augmented reality (AR) untuk materi geometri dimensi tiga / Rizqi Agus Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun intelligent tutoring system (ITS) berbasis augmented reality (AR) untuk materi geometri dimensi tiga / Rizqi Agus Utomo

Utomo, Rizqi Agus (2021) Rancang bangun intelligent tutoring system (ITS) berbasis augmented reality (AR) untuk materi geometri dimensi tiga / Rizqi Agus Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Geometri dimensi tiga adalah salah satu materi yang diajarkan di kelas XII SMA jurusan IPA. Berdasarkan studi pendahuluan terdapat 11 siswa dari 35 siswa yang merasa kesulitan mempelajari materi tersebut. Kesulitan ini terjadi karena siswa kurang dapat membayangkan dan menggambar bentuk geometri dimensi tiga. Selain itu alasan lainnya adalah minimnya ketersediaan alat peraga dan kurang praktisnya penggunaan benda nyata sebagai penunjang pembelajaran. Kemendikbud memaparkan bahwa persentase siswa SMA yang menjawab benar untuk materi geometri dan trigonometri pada UN 2019 sebesar 35 07%. Sehingga perlu adanya media pembelajaran yang lebih praktis namun tetap menghadirkan kesan benda nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Intelligent Tutoring System (ITS) berbasis Augmentd Reality (AR) untuk materi geometri dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE dimana terdapat 5 tahapan yaitu Analysis Design Develop Implementation dan Evaluate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan IPA SMAN 1 Tuban sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil uji coba peneliti melakukan evaluasi terhadap aplikasi GMAR yang diperoleh antara lain tingkat kevalidan sebesar 3 94 tingkat kepraktisan sebesar 3 88 dan tingkat keefektifan untuk memotivasi siswa dalam belajar sebesar 3 82. Sehingga skor rata-rata media pembelajaran GMAR sebesar 3 88 dengan maksimum skor 4 00 yang artinya aplikasi GMAR sangat layak untuk digunakan. Khususnya fitur AR pada aplikasi GMAR mendapatkan skor rata-rata sebesar 3 87. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi GMAR sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut GMAR dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu siswa dalam mempelajari materi geometri dimensi tiga dengan lebih mudah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195653

Actions (login required)

View Item View Item