Penerapan algoritma particle swarm optimization pada euclidean traveling salesman problem / Ika Putri Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma particle swarm optimization pada euclidean traveling salesman problem / Ika Putri Kurniasari

Kurniasari, Ika Putri (2021) Penerapan algoritma particle swarm optimization pada euclidean traveling salesman problem / Ika Putri Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salesman merupakan salah satu pekerjaan memasarkan produk pada beberapa customer. Pemasaran produk dilakukan mulai dari lokasi awal (depot) dengan mengunjungi setiap customer tepat satu kali hingga kembali ke depot. Kegiatan ini jika dikaitkan dengan konsep pada teori graph sama seperti mencari sikel Hamilton dari suatu graph. Oleh karena itu permasalahan di lapangan seperti uraian tersebut dapat dikaji melalui salah satu topik pada matematika yaitu Euclidean Traveling Salesman Problem (ETSP). Penelitian ini menggunakan metode Particle Swarm Optimization (PSO) dengan pencarian rute menggunakan alat bantu berupa aplikasi yang berbasis delphi 7 untuk memperoleh solusi yang diharapkan. Jumlah partikel pada percobaan ini terdiri dari beberapa kriteria yaitu kurang dari titik tujuan sama dengan titik tujuan atau lebih dari titik tujuan. Berdasarkan hasil penelitian diperolehbahwa hasil rute terbaik untuk masing-masing jumlah customer bergantung pada parameter yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195633

Actions (login required)

View Item View Item