Ramadhanty, Almira Rizki (2020) Perancangan animasi 2 dimensi tentang pengendalian sampah plastik untuk anak usia 5-6 tahun dengan teknik implementasi efek 3D (fake 3D) / Almira Rizki Ramadhanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengimplementasian efek 3D (Fake 3D) dalam animasi 2D mampu membuat pergerakan objek dan background menjadi lebih smooth dan realistis. Hal tersebut terjadi karena animasi 2D dengan efek 3D pada dasarnya adalah animasi 2D yang berada dalam ruang kerja 3D. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan animasi 2D tentang pengendalian sampah plastik untuk anak usia 5 ndash 6 tahun dengan teknik implementasi efek 3D (Fake 3D). Konsep perancangan animasi 2D ini adalah dengan menggunakan style gambar warna dialog dan musik yang sesuai dengan psikologi anak usia 5 - 6 tahun yang akan meningkatkan ketertarikan sekaligus potensi daya serap anak usia 5 ndash 6 tahun di masa emasnya terhadap pesan dari animasi 2D yaitu tentang bagaimana mengurangi sampah plastik. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural. Sistematika perancangan animasi ini menggunakan Design Process dan analisis TOWS. Pengumpulan data melalui observasi wawancara dan angket di 4 TK/Paud yang berada di kecamatan Sukun Kota Malang Jawa Timur. Hasil dari perancangan ini berupa animasi 2D dengan efek 3D (fake 3D) berdurasi 7 menit 55 detik dengan resolusi 1440 x 1080 pixel (HD) yang menceritakan tentang seorang anak yang pergi berbelanja dengan ibunya tanpa menggunakan plastik. Karya animasi dipublikasikan di Channel Youtube. Media pendukung dari perancangan ini berupa poster merchandise dan konten visual yang dipublikasikan di media sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/195594 |
Actions (login required)
View Item |