Perancangan identitas korporat AE Publishing di Kota Malang sebagai upaya dalam meningkatkan karakter perusahaan / Chandra Mudha Mahendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan identitas korporat AE Publishing di Kota Malang sebagai upaya dalam meningkatkan karakter perusahaan / Chandra Mudha Mahendra

Mahendra, Chandra Mudha (2020) Perancangan identitas korporat AE Publishing di Kota Malang sebagai upaya dalam meningkatkan karakter perusahaan / Chandra Mudha Mahendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan persaingan industri yang semakin ketat banyak perusahaan penerbit di Indonesia yang mulai mengambil langkah untuk mencapai pasar dengan efektif. Salah satu strategi yang mereka lakukan adalah dengan membangun identitas perusahaaan (korporat) yang melekat dengan karakter khusus perusahaan. Identitas korporat ini mencakup beberapa hal seperti warna logo atribut (merchandise) dan seragam dengan menerapkan beberapa elemen visual perusahaan yang konsisten dan menyatu sehingga dapat menampilkan karakter perusahaan dengan baik. Namun hal ini belum dimiliki oleh penerbit AE Publishing yang ada di kota Malang karena penerbit ini hanya memiliki satu logo saja yang digunakan pada setiap jenis media. Padahal logo yang baik pasti memiliki variasi yang berbeda agar dapat terlihat dengan jelas di media yang berbeda. Logo yang mereka buat juga tidak memiliki struktur yang baik sehingga akan menyulitkan konsumen dalam mengetahui identitas mereka. Dengan adanya masalah tersebut tentunya dibutuhkan identitas korporat yang efektif agar dapat meingkatkan karakter perusahaan. Perancangan ini bertujuan untuk untuk merancang konsep identitas korporat AE Publishing yang berfungsi dengan baik di berbagai media agar dapat meningkatkan karakter perusahaan sebagai penerbit buku. Hal ini ditinjau dari data perusahaan yang relevan dan data kompetitor sebagai pembanding dengan penerbit yang telah merancang identitas korporat dengan baik. Tahapan dalam perancangan ini diawali dengan proses pengumpulan data menggunakan observasi terus terang atau tersamar dimana subyek yang diteliti mengetahui dari awal bahwa sedang terdapat penelitian di lingkungan mereka dan dilanjutkan dengan sesi wanwacara tersturktur kepada pemilik perusahaan. Setelah itu penulis melakukan analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenghts Weaknesses Opportunities Threats) lalu mengkomunikasikannya dengan pimpinan perusahaan. Selanjutnya penulis merancang konsep identitas mulai dari brainstorming hingga penerapan identitas di beberapa media yang kemudian dikomunikasikan kembali dengan pimpinan perusahaan lalu yang terakhir dirancang juga buku Brand Guideline sebagai acuan identitas AE Publishing disertai dengan penyerahan hasil rancangan kepada pemilik perusahaan. Hasil dari perancangan ini menunjukkan identitas korporat AE Publishing yang telah dirancang bisa diterapkan dengan baik pada berbagai media perusahaan termasuk media cetak dan digital. Dan penerapan konsistensi gaya visual mulai dari tipografi warna elemen visual begitu juga layout tata letak sangatlah sesuai dengan visual logo perusahaan yang baru sehingga akan menciptakan karakter perusahaan yang kuat dan saling menyatu satu sama lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195589

Actions (login required)

View Item View Item