Perancangan buku ilustrasi "the masterpiece of taste" tentang sejarah kopi di Indonesia / Renovan Setyo Handi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku ilustrasi "the masterpiece of taste" tentang sejarah kopi di Indonesia / Renovan Setyo Handi

Handi, Renovan Setyo (2020) Perancangan buku ilustrasi "the masterpiece of taste" tentang sejarah kopi di Indonesia / Renovan Setyo Handi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia yang memiliki peminat sajian kopi yang besar serta memiliki budaya dan sejarah budidaya kopi yang cukup panjang. Dengan demikian sudah sepatutnya Indonesia memiliki sumber referensi yang lengkap tentang ragam jenis dan sejarah kopi Indonesia. Namun ternyata sumber referensi yang membahas tentang kopi Indonesia masih sangat minim dan sulit ditemukan terutama sumber referensi secara grafis ilustrasi yang membahas tentang sejarah kopi di Indonesia. Bedasarkan latar belakang tersebut maka dibuatlah perancang buku ilustrasi yang berjudul ldquo The Mastepiece of Taste rdquo tentang sejarah kopi di Indonesia. Metode perancangan menggunakan metode prosedural milik Yongki Safanayong. Langkah pertama melakukan riset meliputi penentuan inti masalah dan pengumpulan data yang di perlukan. Kedua analisis meliputi identifikasi data dan target audiens. Ketiga sintesis menjelaskan tentang rumusan yang telah dibuat. Keempat menentukan tema dan karakteristik. Kelima strategi komunikasi meliputi tahapan komunikasi tujuan komunikasi dan pendekatan pesan. Keenam value added menjelaskan suatu tuntutan dan tantangan yang akan dihadapi. Ketujuh pemilihan media yang dipakai. Kedelapan visualisasi meliputi berbagai pendekatan gaya visual pemilihan warna tipografi manual desain. Terakhir adalah produksi. Perancangan ini menghasilkan buku ilustrasi sebagai media utamanya. Dalam buku ilustrasi ini berisi narasi cerita bergambar tentang sejarah perjalanan kopi sebelum dan sesudah sampai di Indonesia. Media utama buku ilustrasi ldquo The Masterpiece of Taste rdquo menggunakan material art paper 260 gram ukuran B5 (17 6 cm x 25 cm) dengan hard cover. Media pendukung perancangan buku ilustrasi tentang sejarah kopi di Indonesia adalah poster x-banner dan stiker. Bedasarkan hasil perancangan dapat disimpulkan bahwa pembuatan buku ilustrasi diperlukan pengumpulan data sebelum melakukan perancangan. Data yang digunakan adalah data pustaka yang bersumber dari buku dan artikel online. Kemudian melakukan wawancara terhadap narasumber untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Dalam perancangan ini penting dalam menentukan media yang tepat karena keputusan pemilihan media akan mempengaruhi seberapa jauh efektifitas dalam proses penyampaian konsep dan gagasan kepada target audiens.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195580

Actions (login required)

View Item View Item