Perancangan buku cerita bergambar legenda sijello' to mampu sebagai upaya menanamkan etika baik untuk anak-anak / Innes Ayu Priyantiningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita bergambar legenda sijello' to mampu sebagai upaya menanamkan etika baik untuk anak-anak / Innes Ayu Priyantiningtyas

Priyantiningtyas, Innes Ayu (2020) Perancangan buku cerita bergambar legenda sijello' to mampu sebagai upaya menanamkan etika baik untuk anak-anak / Innes Ayu Priyantiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan terdapat situs bersejarah bernama Goa Mampu yang didalamnya tersimpan batu-batu menyerupai manusia hewan dan lainnya. Legenda Sijello rsquo To Mampu adalah cerita asal-usul Goa Mampu. Pesan pembelajaran yang terkandung dalam legenda Sijello rsquo To Mampu adalah tentang sikap tanggung jawab terhadap perkataan dari diri sendiri. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mengajarkan mengenai etika baik kepada anak-anak melalui pesan yang terkandung di dalam legenda Sijello rsquo To Mampu. Adapun perancangan ini merupakan salah satu upaya dalam menanamkan etika baik perihal tanggung jawab terhadap perkataan kepada anak-anak agar kedepannya mereka dapat bertanggung jawab dan menghindari etika yang salah. Metode yang digunakan dalam perancangan buku cerita bergambar legenda Sijello rsquo To Mampu adalah metode perancangan dikembangkan oleh Bruce Archer dimana isu permasalahan akan menuntun pada didapatkannya data-data yang sesuai dan berhubungan dengan isu permasalahan kemudian dianalisis untuk mendapatkan solusi yang tepat. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data adalah observasi wawancara dan data dokumen. Kemudian metode analisis menggunakan 5W 1H (What Where Who When Why and How). Perancangan buku cerita bergambar legenda Sijello rsquo To Mampu ditujukan untuk anak-anak sehingga menggunakan media buku cerita bergambar yang didominasi oleh ilustrasi colorful daripada teksnya. Rancangan menggunakan ilustrasi bergaya kartun dengan warna bersuasana hangat lembut dan natural (alam). Bahasa yang digunakan sederhana dengan jenis tipografi sans serif agar mudah dipahami oleh anak-anak. Ilustrasi dirancang sebagai penggambaran situasi yang dituliskan dalam cerita hal ini membantu anak-anak untuk mengimajinasikan cerita agar pesan dan alur cerita dalam legenda dapat dipahami dengan mudah. Selain media utama berupa buku cerita bergambar perancangan ini juga memanfaatkan media pendukung. Media pendukung yang digunakan antara lain packaging buku pembatas buku buku mewarnai stiker gantungan kunci dan x-banner. Kemudian media pendukung online menggunakan media sosial facebook dan Instagram serta website banner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195579

Actions (login required)

View Item View Item