Redesain kemasan petis madura merek hsn ikan tuna dengan pendekatan cultural heritage sebagai upaya meningkatkan daya saing produk / Rosyada Nuriyatus Salihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesain kemasan petis madura merek hsn ikan tuna dengan pendekatan cultural heritage sebagai upaya meningkatkan daya saing produk / Rosyada Nuriyatus Salihah

Salihah, Rosyada Nuriyatus (2021) Redesain kemasan petis madura merek hsn ikan tuna dengan pendekatan cultural heritage sebagai upaya meningkatkan daya saing produk / Rosyada Nuriyatus Salihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Madura merupakan pulau penghasil petis yang cukup terkenal. Masyarakat Madura bermata pencaharian sebagai nelayan kemudian sebagian hasil tangkapannya diolah menjadi petis. Masyarakat Madura sampai saat ini merasa penggunaan kemasan Petis Madura masih menggunakan alat bantu seperti sendok agar cairan petis agar dapat tertuang. Juga para pengusaha petis madura menggunakan nama akronim yang sama sehingga sulit membedakan siapa market leader nya karena memiliki kesamaan nama merek. Oleh karena itu diperlukan Redesain kemasan petis Madura ini untuk menyikapi problem masyarakat agar kemasan lebih praktis meningkatkan daya saing produk petis Madura merek HSN Ikan Tuna dengan kompetitor lainnya serta upaya memperkenalkan kekayaan budaya Madura kepada khalayak luas melalui desain kemasan. Redesain kemasan petis Madura merek HSN Ikan Tuna ini dilakukan dengan metode Design Thinking. Paparan data diperoleh dengan melakukan wawancara kepada pemilik perusahaan UD. HSN Petis Ikan Tuna Murni Madura beserta karyawanya observasi lapangan dan studi literatur dari berbagai sumber perancangan. Hasil perancangan ini berupa produk kemasan baru kemudian dilakukan uji coba kepada pihak perusahaan dan masyarakat sebagai target audience ternyata mendapat apresiasi besar dari kedua narasumber untuk menumbukan rasa cinta tanah air melalui desain kemasan Petis Madura. Media yang dihasilkan ialah desain kemasan baru pada produk Petis Madura merek HSN Ikan Tuna. Serta media pendukungnya ialah iklan poster x-banner iklan di media sosial instagram dan merchandise berupa kaos beserta totebag. Diharapkan agar media redesain kemasan pada produk petis Madura merek HSN Ikan Tuna ini mampu menarik perhatian masyarakat setempat untuk menumbuhkan kembali rasa cinta budaya dan tanah air yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195558

Actions (login required)

View Item View Item