Perancangan picture book “specialty kopi merapi” sebagai sarana media informasi / Taufiq Zaki - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan picture book “specialty kopi merapi” sebagai sarana media informasi / Taufiq Zaki

Zaki, Taufiq Zaki (2021) Perancangan picture book “specialty kopi merapi” sebagai sarana media informasi / Taufiq Zaki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas hasil perkebunan yang memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Lereng gunung Merapi berada di kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu penghasil kopi lebih kurang 10ha lahan tanah di lereng gunung Merapi ditanami kopi. Jenis kopi yang ada di lereng gunung Merapi adalah jenis kopi Arabika dan kopi Robusta. Kopi Merapi memiliki rasa yang unik karena tumbuh di lahan tanah vulkanik yang mengandung unsur mineral tinggi. Kopi Merapi dapat dikatagorikan kopi spesial karena memiliki skor cupping di atas 80 poin. Pada tanggal 30 Juli 2016 hasil dari cupping test SCAE kopi Arabika dari lereng gunung Merapi memperoleh skor 85. Dengan menggunakan protokol proses cupping test sesuai prosedur SCAI dari pusat penelitian kopi dan kakao kopi Robusta memperoleh skor 85 5. Perancangan tentang Picture book Specialty kopi Merapi bertujuan untuk memberi informasi seputar kopi Merapi sebagai salah satu kopi spesial dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembuatan picture book tentang specialty kopi Merapi menggunakan gaya ilustrasi brush stroke watercolor dengan tujuan memberi informasi pada anak-anak muda penikmat kopi. Prosedur perancangan picture book specialty kopi Merapi menggunakan model perancangan yang terdiri dari riset analisis sintesis tema/keyword strategi komunikasi value-added pemilihan media visualisasi dan produksi. Hasil penelitian dari perancangan picture book specialty kopi Merapi merupakan perpaduan antara ilustrasi dan teks menggunakan bahasa yang familiar agar penyampaian pesan dan informasi dapat tersampaikan dan mudah dimengerti serta memberi kenyamanan pembaca sehingga pembaca tidak bosan. Prosedur perancangan picture book specialty kopi Merapi dijelaskan melalui proses konsep visual sketsa comprehensive dan implementasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:29
Last Modified: 10 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195556

Actions (login required)

View Item View Item