The cultural content in the english textbook entitled "pathway to enghlish" for the tenth graders / Dihliz Khalfi Masita - Repositori Universitas Negeri Malang

The cultural content in the english textbook entitled "pathway to enghlish" for the tenth graders / Dihliz Khalfi Masita

Masita, Dihliz Khalfi (2020) The cultural content in the english textbook entitled "pathway to enghlish" for the tenth graders / Dihliz Khalfi Masita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Masita Dihliz Khalfi. 2020. Konten Budaya yang Terdapat di Dalam Buku Pathway to English Untuk Siswa Kelas Sepuluh. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd. (II) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata Kunci Konten budaya evaluasi buku pembelajaran analisis konten buku bahasa Inggris Buku teks dianggap sebagai seperangkat sumber untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Dalam pengajaran Bahasa Inggris buku pelajaran memiliki beberapa peran penting untuk dimainkan dalam belajar dan mengajar bahasa di sekolah. Bahasa dan budaya terkait satu sama lain karena bahasa diciptakan oleh budaya dan bahasa akan beradaptasi dengan budaya yang ada agar nilai budaya tersampaikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi konten budaya dari buku teks Pathway to English untuk siswa kelas sepuluh. Penelitian ini menyelidiki apakah Pathway to English untuk siswa kelas sepuluh memenuhi persyaratan buku komunikatif yang baik dalam hal konten budaya dan bagaimana isi budaya disajikan dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif terutama analisis konten untuk menganalisis buku teks. Desain ini digunakan karena berguna untuk mengidentifikasi pesan teks tersirat atau spesifik. Penelitian ini juga mengadopsi tiga kerangka kerja yaitu satu dari Cortazzi dan Jin (1999) tentang jenis budaya kriteria untuk mengevaluasi buku teks oleh BSNP (2014) dan yang lainnya dari Moran (2001) tentang dimensi budaya. Jenis budaya yang digunakan dalam penelitian ini adalah budaya sumber yang mengacu pada budaya Indonesia dan budaya target yang mengacu pada budaya barat seperti Amerika Australia dan Inggris. Ada empat dimensi budaya yang digunakan dalam penelitian ini yaitu products practices perspectives dan persons. Selain itu kriteria dari BSNP yang merupakan bahan pembelajaran pendukung juga diadopsi dalam daftar evaluasi. Analisis buku teks telah mengungkapkan beberapa temuan besar. Pertama isi buku pelajaran sebagian besar berisi budaya sumber daripada budaya target di mana budaya sumber 60% dan budaya target hanya 40%. Kedua budaya mencakup lima kategori dan sebagian besar diwakili dalam dimensi produk. Persentase untuk setiap dimensi yang disajikan dalam buku teks adalah 79% untuk products 81 25% untuk practices 58 33% untuk perspectives 62 5% untuk persons dan 83 33% untuk materi pembelajaran pendukung. Persentase rata-rata untuk seluruh dimensi budaya yang disajikan dalam buku teks adalah 72 88%. Dari hasil temuan Pathway to English untuk siswa kelas sepuluh diklasifikasikan ke dalam buku teks yang baik karena nilai-nilai budaya yang tercangkup di dalamnya membantu mengembangkan rasa memiliki dan perasaan persatuan dalam pikiran para siswa dari budaya tertentu. Instrumen belum dicoba karena tanpa mencoba instrumen itu sudah bagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195541

Actions (login required)

View Item View Item