Implementing semantic mapping strategy to improve the writing skill of eleventh graders of Sma Negeri 4 Malang / Titah Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing semantic mapping strategy to improve the writing skill of eleventh graders of Sma Negeri 4 Malang / Titah Afandi

Afandi, Titah (2020) Implementing semantic mapping strategy to improve the writing skill of eleventh graders of Sma Negeri 4 Malang / Titah Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi peta semantik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas sebelas SMAN 4 Malang. Strategi peta semantik diterapkan dalam pengajaran keterampilan menulis untuk meningkatkan salah satu aspek dalam menulis yaitu aspek struktural dikarenakan strategi ini menawarkan konsep visual yang menunjukkan hubungan antar gagasan. Penelitian ini dilaksanakan secara daring melalui grup WhatsApp pada April hingga Mei 2020 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas sebelas MIPA 4 SMAN 4 Malang yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes menulis dan lembar pengamatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk mengenalkan materi yaitu teks eksplanasi dan untuk menunjukkan bagaimana kegunaan peta semantik dalam kegiatan awal menulis. Dua pertemuan terakhir digunakan untuk melaksanakan tes akhir menulis setelah penerapan strategi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi peta semantik telah berhasil meningkatkan keterampilan menulis siswa hanya dalam satu siklus. Nilai keterampilan menulis siswa meningkat secara signifikan setelah penerapan strategi ini. Nilai rata-rata sebelum penerapan strategi ini adalah 69.9 dan berubah menjadi 86.8 setelah penerapan strategi. Selain itu aspek struktural penulisan siswa juga meningkat secara signifikan. Hal ini membuktikan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai dengan baik setelah penerapan strategi ini. Beberapa saran ditawarkan oleh peneliti berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini. Peneliti menyarankan guru bahasa Inggris untuk menerapkan strategi ini dalam kegiatan sebelum menulis untuk membantu siswa menyusun gagasan sebelum menulis dan akan lebih baik jika menggabungkan strategi ini dengan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan agar semua aspek dalam keterampilan menulis dapat ditingkatkan tidak hanya aspek struktural. Untuk peneliti kedepannya mengubah rubrik penilaian menulis yang digunakan di penelitian ini merupakan pilahan yang bagus untuk mendapatkan data yang lebih valid sehingga teori baru mengenai topik ini dapat dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195529

Actions (login required)

View Item View Item