The tenth graders' reading habit and their comperhension achievement / Ahmad Khairul Imam - Repositori Universitas Negeri Malang

The tenth graders' reading habit and their comperhension achievement / Ahmad Khairul Imam

Imam, Ahmad Khairul (2020) The tenth graders' reading habit and their comperhension achievement / Ahmad Khairul Imam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Imam Ahmad Khairul. 2020. Kebiasaan dan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Sepuluh. Skripsi Jurusan Sastra Inggris. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Utari Praba Astuti M.A. (II) Dra. Sri Andreani M.Ed. Kata Kunci korelasi kebiasaan membaca pemahaman membaca. Siswa memiliki perbedaan dalam memahami suatu teks dan mereka juga memiliki kebiasaan yang berbeda dalam membaca. Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa kebiasaan membaca sangat penting untuk mendukung kemampuan siswa dalam memahahi suatu teks dengan baik. Penelitian ini menginvestigasi kebiasaan dan pemahaman membaca siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan membaca dan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini menggunakan 30 siswa kelas 10 di SMAN 2 Malang sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa. Tes pemahaman membaca digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman membaca siswa. Program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22 digunakan untuk menghitung korelasi koefisien antara dua variabel. Nilai siswa dihitung menggunakan program Microsoft Excel. Peneliti menggunakan Pearson Product Moment Correlation Coefficient untuk menganalisis korelasi antara dua variabel. Uji coba kuesioner dan tes membaca dilakukan untuk mengetahui reliabilitas dan validitas sebelum digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari uji coba menunjukan bahwa instrumen tersebut reliabel dengan nilai dari Cronbach rsquo s Alpha lebih dari 0.6. Pertanyaan dari instrumen yang tidak valid diubah oleh peneliti. Data dari hasil penelitian ini berdistribusi normal dengan nilai signifikan 0.193. Distribusi data dalam penelitian ini menunjukan homogen dengan nilai signifikan 0.161. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kebiasaan membaca dan pemahaman membaca siswa dengan nilai 0.361. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kebiasaan membaca yang baik semakin baik pula kemampuannya dalam memahami suatu teks. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini peneliti memberikan beberapa saran kepada guru Bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya. Guru disarankan untuk dapat membuat kebiasaan membaca yang baik kepada siswa. Guru diharapkan memberi motivasi kepada siswa untuk memanfaatkan waktu dengan membaca. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menginvestigasi faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195528

Actions (login required)

View Item View Item