Particularized conversational implicate used in Pewdiepie's minecraft videos / Devi Kim Febriani Fauztina Naomi - Repositori Universitas Negeri Malang

Particularized conversational implicate used in Pewdiepie's minecraft videos / Devi Kim Febriani Fauztina Naomi

Naomi, Devi Kim Febriani Fauztina (2020) Particularized conversational implicate used in Pewdiepie's minecraft videos / Devi Kim Febriani Fauztina Naomi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kim Devi. 2020. Particularized Conversational Implicatures Used in PewDiePie rsquo s Minecraft Videos. Skripsi Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. A. Effendi Kadarisman Ph.D. Aulia Apriana S.S. M.Pd. Kata Kunci particularized conversational implicature PewDiePie Jacksepticeye Minecraft Game. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mencari arti fungsi dan tingkat kekuatan dari particularized conversational implicature (PCI) yang diucapkan oleh YouTuber gaming PewDiePie dan Jacksepticeye dalam seri Minecraft mereka. Penelitian ini menerapkan teori milik Grice (1975) untuk menemukan PCI teori milik Haugh (2015) untuk menemukan fungsi dan teori miliki Sperber dan Wilson (1986) untuk menkategorisasi tingkat kekuatan PCI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan dari penelitian ini. Peneliti mengambil data dari YouTube dalam bentuk video untuk ditranskrip. Setelah mentranskrip ia mencari setiap PCI yang ada di data lalu memilah PCI menurut fungsi dan arti dari setiap PCI dan terakhir ia menkategorikan PCI menurut kekuatannya. Dari data transkripsi 5 video itu menunjukkan bahwa terdapat 30 PCI dari seluruh percakapan PewDiePie dan Jacksepticeye saat mereka bermain. Terdapat 5 fungsi dari 30 PCI yang sudah ditemukan yaitu untuk menghibur (12 kali atau 40%) untuk melindungi diri atau orang lain (11 kali atau 36 7%) untuk kesopanan (4 kali atau 13 3%) untuk membujuk atau memanipulasi (2 kali atau 6 7%) dan untuk memberikan informasi (1 kali atau 3 3%). Ini dikarenakan mereka adalah YouTuber yang menghibur orang dengan cara bermain game dalam video mereka. Kekuatan dari PCI yang ditemukan dalam data ini terdiri dari 3 kategori yaitu sangat kuat (muncul 17 kali atau 56 7%) kuat (muncul 6 kali atau 20%) dan lemah (muncul 7 kali atau 23 3%). Tidak ditemukan implikatur yang sangat lemah dalam data ini karena PewDiePie dan Jacksepticeye adalah YouTuber dan pastinya mereka ingin semua penontonnya mengerti tentang pembicaraan mereka. Peneliti berharap penelitian ini dapat berguna sebagai referensi untuk peneliti selanjutnya yang tertarik pada implikatur dan game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195524

Actions (login required)

View Item View Item