Reading meanings of death & love found in Edgar Allan Poe's poem Annabel Lee / Revitha Desi Anasthasia - Repositori Universitas Negeri Malang

Reading meanings of death & love found in Edgar Allan Poe's poem Annabel Lee / Revitha Desi Anasthasia

Anasthasia, Revitha Desi (2020) Reading meanings of death & love found in Edgar Allan Poe's poem Annabel Lee / Revitha Desi Anasthasia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anasthasia Revitha Desi. 2020. Pembacaan Makna Kematian dan Cinta di ldquo Annabel Lee rdquo oleh Edgar Allan Poe Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kukuh Prayitno Subagyo M.A. (II) Dr. M. Misbahul Amri M. A. Keywords puisi heuristik hermeneutik Edgar Allan Poe Michael Riffaterre Annabel Lee. Skripsi ini menguji makna selain makna literal dari karya puisi Edgar Allan Poe yang berjudul Annabel Lee. Puisi ini penting untuk dibahas karena kesukaan sang penulis dalam mempresentasikan wanita pada karyanya dengan cara mempersepsikan rasa cinta secara positif dan juga negative. Skripsi ini membahas dua tema yang umum cinta dan kematian dan memberikan makna figuratif dalam membaca puisi modern khususnya di puisi Annabel Lee karya Edgar Allan Poe. Dalam penggunaan teori heuristik dan hermeneutik milik Michael Riffaterre skripsi ini secara kritis terlibat di puisi untuk mendeskripsikan tanda tanda yang disebar oleh Poe yang menjurus tema kematian dan cinta. Untuk dapat menghasilkan makna makna di puisi ini peneliti menerapkan teori pembacaan heuristik dan hermeneutik milik Michael Riffaterre. Peran heuristik dan hermeneutic di skripsi ini sebagai strategi untuk memeriksa teks sebelum mengambil kesimpulan dalam pengambilan arti. Dari hasil analisis menunjukan bahwa tema yang diangkat adalah tentang kematian dan cinta. Tema cinta ditunjukan melalui kekaguman narator terhadap Annabel Lee. Sedangkan tema kematian ditunjukan ketika narator mengingat kenangannya dengan Annabel Lee. Dari analisis tersebut ditemukan tujuh tanda yang mengarah ke cinta dan tiga tanda yang mengarah ke kematian. Tanda tanda ini muncul dalam bentuk frasa di puisi tersebut. Contohnya frasa ldquo Annabel Lee rdquo yang mengarah ke cinta dan ldquo kingdom by the sea rdquo yang mengarah ke kematian. Tanda tanda tersebut mengartikan bahwa narator mengapresiasi keindahan di Annabel Lee dan mengingatkan narator dengan Annabel Lee. Selain itu metafora dari cahaya dan kesan suram yag didapat dari puisi ini juga memberikan isyarat tema kematian. Dalam puisi ini kekaguman dan kenangan kemudian menjadi topik yang sedang dibicarakan oleh narator. Peneliti menyarankan untuk mereka yang tertarik mempelajari puisi untuk mengaplikasikan metode pembacaan heuristik dan hermeneutik milik Michael Riffaterre agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam membaca puisi. Dengan pembacaan secara heuristik dan hermeneutik nilai estetik dan makna dari bahasa sesungguhnya ataupun bahasa puisi dapat ditemukan dalam waktu yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195521

Actions (login required)

View Item View Item