Pengembangan program pendidikan pemakai perpustakaan untuk menumbuhkan literasi media di kalangan siswa smpn 3 srengat blitar / Distwenti Refina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan program pendidikan pemakai perpustakaan untuk menumbuhkan literasi media di kalangan siswa smpn 3 srengat blitar / Distwenti Refina

Refina, Distwenti Refina (2021) Pengembangan program pendidikan pemakai perpustakaan untuk menumbuhkan literasi media di kalangan siswa smpn 3 srengat blitar / Distwenti Refina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaan sekolah memiliki empat fungsi dua di antaranya adalah fungsi pendidikan dan informasi. Dari segi fungsi informasi perpustakaan menyediakan berbagai bacaan mulai dari buku ensiklopedia koran hingga majalah. Sedangkan dari segi pendidikan perpustakaan merupakan pusat sumber belajar siswa di sekolah. Namun berbagai koleksi bacaan yang ada di perpustakaan kadang belum memenuhi informasi yang dicari oleh pemustaka. Alhasil mereka memilih mencari informasi di luar perpustakaan salah satunya lewat internet. Padahal sekarang ini banyak sekali informasi tidak kredibel dan kurang relevan yang membuat kebenarannya dipertanyakan. Oleh karena itu salah satu cara agar pemustaka terhindar dari informasi palsu di internet adalah dengan memberikan pembelajaran mengenai literasi media. Adanya literasi media ini akan mengembalikan perpustakaan sekolah kepada fungsinya yaitu sebagai fungsi pendidikan dan informasi. Literasi media akan membantu pemustaka mendapatkan informasi yang mereka cari sekaligus memilah mana yang benar-benar kredibel. Mulai dari pengenalan berbagai macam media komunikasi informasi hingga cara mengevaluasi suatu pesan informasi yang ada merupakan beberapa materi pembelajaran mengenai literasi media. Tujuan dari penelitian ini adalah mengajak pemustaka lebih mengenal dan memahami materi literasi media yang semakin dibutuhkan pada zaman sekarang. Dengan begitu pemustaka bisa terhindar dari hoax misinformasi dan informasi palsu. Model penelitian dan pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analysis-Design-Development-Implement-Evaluate (ADDIE) yang dikembangkan oleh Branch pada tahun 2009. Tahapan dari model penelitian dan pengembangan ADDIE adalah menganalisis merancang mengembangkan mengimplementasikan dan mengevaluasi. Koresponden dalam penelitian ini dilakukan pada 50 siswa (pemustaka) kelas VIII SMPN 3 Srengat Blitar. Hasil dari penelitian ini adalah produk aplikasi pembelajaran literasi media bernama ldquo Cerdas Berliterasi Media rdquo yang divalidasi oleh ahli media ahli materi serta praktisi (pustakawan). Berdasarkan uji validasi validator ahli materi memberikan skor dengan kualifikasi ldquo Valid rdquo validator ahli media memberikan skor dengan hasil kualifikasi ldquo Sangat Valid rdquo dan dari praktisi (pustakawan) memberikan skor dengan hasil kualifikasi ldquo Sangat Valid rdquo . Sedangkan dari koresponden pemustaka memberikan skor dengan hasil kualifikasi ldquo Valid rdquo . Uji validasi penelitian ini menilai kelayakan produk serta saran dan masukan dari validator yang menganggap produk masih perlu diperbaiki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk aplikasi pembelajaran literasi media layak digunakan dengan sedikit revisi. Saran diseminasi produk yaitu menghubungkan komputer admin dengan komputer lainnya menggunakan jaringan LAN yakni jaringan yang menghubungkan antar komputer menggunakan kabel UTP dan konektor RJ45. Berbagai perubahan yang terjadi karena pustakawan (misal memperbarui materi) dapat dilakukan hanya dengan menggunakan komputer admin tanpa harus mengubah semua master aplikasi tersebut pada setiap komputer yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195473

Actions (login required)

View Item View Item