Literasi siswa smpn 2 turen menggunakan model empowering 8 (e8) / Salma Nadia - Repositori Universitas Negeri Malang

Literasi siswa smpn 2 turen menggunakan model empowering 8 (e8) / Salma Nadia

Nadia, Salma Nadia (2020) Literasi siswa smpn 2 turen menggunakan model empowering 8 (e8) / Salma Nadia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah informasi saat ini yang sudah melimpah membuat seorang siswa kesusahan ketika mereka harus menyaring informasi yang mereka dapatkan. Oleh karena itu dibutuhkan keahlian dari seorang siswa agar mereka dapat menyaring memilah memilih dan memahami informasi yang mereka butuhkan. Keahlian yang dibutuhkan saat dalam keadaan seperti itu adalah kemampuan seseorang dalam berliterasi informasi. Siswa kelas IX F SMPN 2 Turen membutuhkan kemampuan tersebut dalam mengerjakan laporan literasi yang merupakan tugas yang diberikan oleh guru mereka. Berdasarkan penelitian diketahui tingkat literasi siswa dengan cara mengukur menggunakan model literasi Empowering 8. Model tersebut memiliki 8 indikator diantaranya (1) identifikasi (2) eksplorasi (3) seleksi (4) organisasi (5) menciptakan (6) menyajikan (7) menilai dan (8) menerapkan. Masing-masing indikator tersebut memiliki konsep yang apabila konsep tersebut terpenuhi maka orang yang mampu memenuhinya dianggap bisa memenuhi indikator tersebut dan apabila seseorang mampu memenuhi indikator-indikator tersebut maka ia dianggap telah mampu melakukan literasi informasi sesuai dengan standar model literasi Empowering 8. Jenis penelitian ini ialah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas IX F yang berada di SMPN 2 Turen yang berjumlah 31 orang. Namun siswa yang dapat memenuhi syarat penelitian berjumlah 27 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampel yaitu purposive sampel. Analisis yang digunakan ialah analisis statistik kemudian data yang berhasil dikumpulkan diolah dengan menggunakan rumus persentase dan perhitungan Skala Guttman. Hasil kemampuan literasi informasi siswa SMPN 2 Turen yang telah didapatkan berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 95. Adapun hasil skor yang telah didapatkan dari masing-masing komponen ialah sebagai berikut (1) kemampuan identifikasi dengan perolehan skor 100 (2) Kemampuan eksplorasi dengan perolehan skor 98 (3) Kemampuan seleksi dengan perolehan skor 91 (4) kemampuan organisasi dengan perolehan skor 100 (5) kemampuan menciptakan dengan perolehan skor 84 dan (6) kemampuan menyajikan dengan perolehan skor 99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa walaupun siswa belum bisa dikatakan memenuhi keseluruhan indikator identifikasi namun siswa mampu membuat laporan literasi berdasarkan model literasi Empowering 8. Saran bagi peneliti selanjutnya atau peneliti lain diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan atau sumber dalam melakukan penelitian yang terkait dengan literasi informasi. Adapun bagi institusi atau lembaga pendidikan yang berada di SMPN 2 Turen diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai salah satu sumber untuk pengembangan literasi informasi untuk keseluruhan siswa SMPN 2 Turen tidak hanya untuk kelas IX

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195472

Actions (login required)

View Item View Item