Peran layanan kelas menulis di perpustakaan umum kabupaten jombang dalam meningkatkan kemampuan menulis masyarakat / FAJAR ROMADHONI - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran layanan kelas menulis di perpustakaan umum kabupaten jombang dalam meningkatkan kemampuan menulis masyarakat / FAJAR ROMADHONI

Romadhoni, Fajar Romadhoni (2021) Peran layanan kelas menulis di perpustakaan umum kabupaten jombang dalam meningkatkan kemampuan menulis masyarakat / FAJAR ROMADHONI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi dapat dijadikan sebagai kunci utama dalam proses pendidikan dan pelatihan. Salah satu layanan kegiatan menulis yang dilakukan di Perpustakaan Daerah Jombang dinilai sukses melahirkan banyak persepsi positif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran perpustakaan umum Kabupaten Jombang dalam meningkatkan kemampuan menulis masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dimana datanya berupa kata-kata gambar perilaku yang dirancang untuk menggambarkan keadaan subjek penelitian berdasarkan fakta. Adapun tahapan prosedur penelitian yang dilakukan yaitu (1) persiapan (2) perencanaan dan (3) pelaksanaan. Penelitian dilanjutkan dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data primer dan sekunder yang diambil dalam penelitian ini berupa hasil wawancara langsung dengan informan yang mengikuti kegiatan kelas menulis dan literatur yang berhubungan dengan subjek penelitian. Sedangkan instrumen penelitian berupa (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) kegiatan layanan kelas menulis di perpustakaan kabupaten Jombang sangat menarik peserta karena menghadirkan tema dan narasumber sesuai dengan kebutuhan pemustaka 2) menambah pengetahuan di bidang keilmuan menulis matematika bahasa inggris jurnalistik kewirausahaan dan lain sebagainya di ruang lingkup literasi 3) berbagi pengalaman dengan narasumber terkait proses penerbitan karya mulai dari awal 4) penambahan kosakata dalam meningkatkan kecakapan lisan dan tulisan dan 5) menambah relasi yang memiliki cita-cita yang sama untuk menghasilkan karya tulis. Artinya kegiatan layanan kelas menulis ini memiliki banyak manfaat saat dilaksanakan. Dengan berpijak pada hasil penelitian disarankan bagi Perpustakaan Umum Kabupaten Jombang untuk menindak lanjuti pemustaka yang hadir dalam sebuah kelompok seperti membuat grup whatsapp agar terus berkomunikasi untuk saling berbagi pengetahuan dan mengadakan event rutin agar ilmu yang telah dipelajari tidak hilang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195469

Actions (login required)

View Item View Item