Implementasi bauran promosi pada taman bacaan masyarakat teras literasi Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi bauran promosi pada taman bacaan masyarakat teras literasi Kota Malang

Firdaus, Ovandio Iqbal (2021) Implementasi bauran promosi pada taman bacaan masyarakat teras literasi Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era sekarang informasi sangat dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat. Taman bacaan masyarakat adalah salah satu sarana atau lembaga yang menyediakan fasilitas dan layanan berupa sumber informasi yang terdiri dari bahan bacaan dan dilengkapi dengan bahan multimedia dan ruangan untuk membaca dan berkegiatan. Promosi merupakan salah satu dari bauran pemasaran yang dapat digunakan oleh TBM untuk dapat menginformasikan dan menarik minat masyarakat terhadap jasa dan fasilitas yang tersedia di TBM supaya dapat diketahui diingat dan minati oleh masyarakat di sekitarnya oleh karena itu pihak TBM dapat menggunakan bauran promosi supaya dapat memaksimalkan promosi yang dilakukan dan dapat menjangkau masyarakat luas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran promosi pada TBM Teras Literasi Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupa deskripsi tentang TBM Teras Literasi implementasi bauran promosi pada TBM Teras Literasi dan faktor ndash faktor pendukung dan penghambat dari bauran promosi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan telaah dokumen. Untuk mempertanggungjawabkan keabsahan data dilakukan validasi data melalui triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam upaya untuk mempromosikan fasilitas dan koleksi bahan bacaan yang tersedia di TBM Teras Literasi yakni dengan menggunakan bauran promosi yang terdiri dari Penjualan Personal Promosi Penjualan Hubungan Masyarakat dan publisitas dan Penjualan Langsung. Pada promosi penjualan personal dengan melakukan sosialisasi dan kegiatan tamu literasi sebagai upaya untuk menginformasikan dan menarik minat masyarakat untuk menggunakan TBM. Promosi penjualan yang dilakukan dengan memberikan hadiah dan mengadakan lomba yang dapat diikuti oleh masyarakat untuk dapat meningkatkan minat kunjung dan keterpakaian dari koleksi yang disediakan. Promosi hubungan masyarakat dan publisitas dilakukan dengan mengadakan program literasi sosial dan bekerjasama melalui media massa dalam mempublikasikan seluruh kegiatan yang diadakan yang kemudian diterbitkan dalam media cetak dan elektronik dan bekerjasama dengan pihak penerbit untuk menerbitkan buku. bentuk pemasaran langsung dilakukan untuk memberikan informasi secara langsung menggunakan aplikasi pesan WhatsApp mengenai kegiatan yang akan diadakan kepada masyarakat yang telah menjadi anggota TBM. Faktor pendukung SDM koleksi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat media promosi yang sudah cukup baik dengan adanya bantuan dari pihak media. Faktor penghambat kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki dalam menunjang kegiatan yang diadakan dan ruangan yang belum cukup untuk dapat menampung lebih banyak masyarakat dalam kegiatan yang diadakan dan minimnya biaya yang digunakan dalam setiap kegiatan yang diadakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 03:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195467

Actions (login required)

View Item View Item