Keefektifan konseling ringkas berfokus solusi terhadap kepercayaan diri siswa / Ayu Dian Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling ringkas berfokus solusi terhadap kepercayaan diri siswa / Ayu Dian Safitri

Safitri, Ayu Dian (2020) Keefektifan konseling ringkas berfokus solusi terhadap kepercayaan diri siswa / Ayu Dian Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan dari konseling ringkas berfokus solusi dalam meningkatkan kepercayaan diri untuk siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan rancangan eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan subyek dipilih dengan cara Purposive Sampling yang melibatkan 110 siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM untuk mengisi inventori kepercayaan diri sebagai pretetest. Didapatkan 5 orang siswa kelas VIII yang sesuai dengan kriteria dan mengikui rangkaian treatment berupa konseling ringkas berfokus solusi secara individu sebanyak tiga kali pertemuan. Pada akhir pertemuan setiap subyek penelitian diminta mengisi ulang inventori kepercayaan diri sebagai posttest yang akan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling ringkas berfokus solusi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik uji beda Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan hasil yang signifikan sebesar 0 042 (0 042 lt 0 05). Maka dapat disimpulkan bahwa konseling ringkas berfokus solusi efektif untuk meningkatkan kepercayan diri siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195452

Actions (login required)

View Item View Item